GAME PEMBELAJARAN MEMBACA IQRA’ MENGGUNAKAN METODE FISHER YATES SHUFFLE
Keywords:
Belajar Huruf Hijaiyah, Fisher Yates Shuffle, Construct 2, Game Edukasi, Game Puzzle, Android
Abstract
Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dan game di kalangan anak-anak sampai dewasa sangat pesat, sehingga game tidak hanya sebagai hiburan bermain, namun sekarang game dapat melatih daya pikir dan logika.
Game edukasi pembelajaran membaca iqro’merupakan game yang dibuat menggunakan metode fisher yates shuffle, dengan melakukan proses pngacakan soal pada game, fisher yates shuffle sangat penting dalam pembuatan game ini dan jika fisher yates shuffle tidak diterapkan, maka game tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
Penelitian ini menghasilkan rancang bangun game edukasibelajar membaca iqro’, serta mengembangkan game yang dapat memberikan hiburan sekaligus media pembelajaran tentang pengenalanhuruf hijaiyah.
References
Kusumawati, Yenni. 2004.Metode Pengacakan Fisher Yates Shuffle Untuk Game Puzzle Berbasis J2me.Universitas Kristen Duta Wacana
Pramudya, Puja. 2007. Game Tebak Kartu Dengan Wimdows Multipoint SDK.
Ibijola, Ade& Abejide Olu. 2012. A Simulated Enhancement of Fisher-Yates Algorithm for Shuffling in Virtual Card Games using Domain-Specific Data Structures.
Susanto, Antony & Hengky Honggo. 2013. Perancangan Ujian Online pada STMIK GI MDP Berbasis Web. STIMIK GI MDP
Rizqyawan, Muhammad Ilham. 2013. Aplikasi Game Edukasi Adventure untuk Pengenalan Teori Musik Berbasis Dekstop.Universitas Mahasiswa Indonesia
Supriyanto, dkk. 2014. Aplikasi edugame Guess Calculation berbasis android bertemakan edukasi atau edugame dengan metode perhitungan logika matematika sederhana yang menggunakan bahasan waktu dan pengacakan puzzle berbasis Fisher-Yates.
Nugraha, dkk. 2014. aplikasi The Lost Insect untuk pengenalan Jenis Serangga Berbasis Unity 3D.
Winarno, E., Ali Zaki. 2011.Membuat Sendiri Aplikasi Android Untuk Pemula.
Ekojono, dkk. 2017. Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Pengacakan soal Game Aritmatika. Politeknik Negeri Malang
Aisyah, Nur. 2016. Implementasi Metode Fisher Yates Shuffle Untuk Pengacakan Pertanyaan Pada Game Ali And The Labirin. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Pramudya, Puja. 2007. Game Tebak Kartu Dengan Wimdows Multipoint SDK.
Ibijola, Ade& Abejide Olu. 2012. A Simulated Enhancement of Fisher-Yates Algorithm for Shuffling in Virtual Card Games using Domain-Specific Data Structures.
Susanto, Antony & Hengky Honggo. 2013. Perancangan Ujian Online pada STMIK GI MDP Berbasis Web. STIMIK GI MDP
Rizqyawan, Muhammad Ilham. 2013. Aplikasi Game Edukasi Adventure untuk Pengenalan Teori Musik Berbasis Dekstop.Universitas Mahasiswa Indonesia
Supriyanto, dkk. 2014. Aplikasi edugame Guess Calculation berbasis android bertemakan edukasi atau edugame dengan metode perhitungan logika matematika sederhana yang menggunakan bahasan waktu dan pengacakan puzzle berbasis Fisher-Yates.
Nugraha, dkk. 2014. aplikasi The Lost Insect untuk pengenalan Jenis Serangga Berbasis Unity 3D.
Winarno, E., Ali Zaki. 2011.Membuat Sendiri Aplikasi Android Untuk Pemula.
Ekojono, dkk. 2017. Penerapan Algoritma Fisher Yates Shuffle Pada Pengacakan soal Game Aritmatika. Politeknik Negeri Malang
Aisyah, Nur. 2016. Implementasi Metode Fisher Yates Shuffle Untuk Pengacakan Pertanyaan Pada Game Ali And The Labirin. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Published
2018-11-14
How to Cite
Zuliani, S., & Winarno, E. (2018). GAME PEMBELAJARAN MEMBACA IQRA’ MENGGUNAKAN METODE FISHER YATES SHUFFLE. SINTAK, 2. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6639
Issue
Section
Vol 2 (2018)