GAME PETUALANGAN SI TOOLE UNTUK MEMPROMOSIKAN WISATA KABUPATEN GROBOGAN MENGGUNAKAN METODE COLLISION DETECTION

  • Dedi Setiyawan universitas stikubank
  • Edy Winarno universitas stikubank
Keywords: Collision detection, Game, Android, Pariwisata, Kabupaten Grobogan, Construct 2

Abstract

Pariwisata adalah suatu perjalanan yang dilakukan untuk sementara waktu, yang diselenggarakan dari suatu tempat ke tempat lain, dengan maksud bukan untuk berusaha atau bisnis atau mencari nafkah di tempat yang dikunjungi, tetapi semata-mata untuk menikmati perjalanan tersebut guna bertamasya dan rekreasi atau untuk memenuhi keinginan yang beraneka ragam.

Perkembangan teknologi masa kini membuat masyarakat khususnya anak-anak mulai terlupa dan memilih bermain game melalui smartphone. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara membuat game “Petualangan Si Toole” berbasis android dengan desain yang mudah digunakan dan dapat difungsikan sebagai media hiburan dan edukasi.

Metode pembuatan game ini adalah coillision detection dimulai dari analisis perancangan, pembuatan, pengujian dan pemeliharaan. Model permainan yang disajikan berupa karakter si toole sebagai tokoh utama, dan terdapat 3 level bergenre adventure. Serta setiap level terdapat 3 mini game berupa pertanyaan kuis pilihan ganda, tebak gambar dan puzzle yang berisikan informasi mengenai destinasi pariwisata kabupaten Grobogan.

References

https://grobogan.go.id/profil/kondisi-geografi/letak-dan-luas-wilayah.
Alfun, A. (2018). Aplikasi Game Petualangan Cepot Untuk Mengenal Budaya Jawa Barat Menggunakan Construct 2 Berbasis Android. Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank. Semarang.
Arsandi, A., SN, S. M., & Hariadi, M. (2012). Visualisasi Gerakan Objek 3D Pada Augmented Reality Dengan Deteksi Tumbukan Berbasis Bounding Box. Pasca Sarjana Jaringan Cerdas Multimedia (Game Teknologi) Teknik Elektro,Teknologi Industri ITS, 1-10.
Asmiatun., Siti., & Putri, A.N. (2017). Belajar Membuat Game 2D dan 3D menggunakan Unity, Depublish, Yogyakarta, pp.1-15.
Dony, D., Rinta, K., Windasari, I.P. (2015). Pengembangan Permainan Edukatif Ragam Budaya Nusantara Berbasis Android. Program Studi Sistem Komputer Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.
Efendy, A.R., Yudhistira, S.L. (2014). Rancang Bangun Game Edukasi Petualangan Tedjo. Jurusan Teknik Informatika STMIK PalComTech, Palembang.
Fahlevy, Z.F. (2017). Implementasi Collision Detection Permainan Fly Bee menggunakan Game Maker. Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank. Semarang.
Mursyidin. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Petualangan Wisata Aceh pada Perangkat Mobile. Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh ISSN 2549-3698 / 2549-3701 Vol.1, No.2, Agustus 2017, hal.162-178.
Musfiroh, L., Jazuli, A., & Latubessy, A. (2014). Penerapan Algoritma Collision Detection Dan Boids Pada Game Dokkaebi Shooter. Prosiding SNATIF Ke-1 Tahun 2014 ISBN: 978-602-1180-04-4, 1-8.
Nisa, Y.H., Prihastuti, H., & Arie, Q. (2014). Penerapan Metode Collision Detection Dalam Permainan Berbasis Android. Program Studi Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pakuan. Bogor.
Okky, O.R.S. (2017). Promosi Pariwisata Goa Kreo Semarang Dengan Game Komik Interaktif. Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.
Putrady, E. (2011). Optimasi Collision Detection Menggunakan Quadtree. Makalah IF3051 Strategi Algoritma -Sem. I Tahun 2010/2011, 1-5.
Ubaidillah, A., Hidayatullah, A.Z. (2014). Media Promosi Destinasi Pariwisata Melalui Game Petualangan Edukasi Lets’s Explore INDONESIA Tourist Destination. Teknik Informatika Universitas Trunojoyo. Madura.
Veinta, S.M. (2015). Promosi Wisata Budaya Jawa Tengah Melalui Game Monopoli 2D Berbasis Unity. Program Studi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.
Yurindra. (2017). Software Engineering Ed.I, Deepublish, Yogyakarta, pp.47-52.
Published
2018-11-14
How to Cite
Setiyawan, D., & Winarno, E. (2018). GAME PETUALANGAN SI TOOLE UNTUK MEMPROMOSIKAN WISATA KABUPATEN GROBOGAN MENGGUNAKAN METODE COLLISION DETECTION. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6637
Section
Vol 2 (2018)