PENERAPAN FORECASTING STRIGHT LINE METHOD DALAM PENGADAAN STOK BARANG MENDATANG STUDI KASUS : PT. BINA KARYA KUSUMA

  • Lusi Fajarita Universitas Budi Luhur
  • Eneng Nurohmah Hati Universitas Budi Luhur
Keywords: Forecasting, Stright Line Method, UML

Abstract

Pengadaan barang merupakan salah satu kegiatan rutin yang bertujuan untuk menunjang ketersediaan barang yang ada digudang. Pengadaan barang sebaiknya disesuaikan dengan permintaan atau kebutuhan, terutama untuk barang yang sifatnya habis pakai atau memiliki masa kadaluarsa. PT. Bina Karya Kusuma merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan bahan kimia khususnya metal surface treatment (phosphating) untuk permukaan metal maupun aluminium. Guna mencukupi permintaan pelanggan, perusahaan tersebut bekerja sama dengan distributor untuk memasok barang digudang. Saat ini pengadaan stok barang hanya berdasarkan pada permintaan dari pihak gudang dilihat dari stok yang mendekati batas minimal. Sehingga hal tersebut dapat memicu adanya kekurangan bahkan penumpukan stok barang digudang. Akibatnya dapat menimbulkan beberapa kerugian seperti : biaya tambahan untuk  pengadaan gedung baru untuk menyimpan stok yang berlebih serta menurunnya pendapatan. Guna meminimalisir permasalahan tersebut, pada penelitian ini penulis memodelkan sistem informasi peramalan (forecasting) pengadaan barang berbasis desktop dengan menggabungkan Stright Line Method. Metode penelitian menggunakan metode waterfall sampai dengan tahapan testing. Dan UML (Unified Modeling Language) untuk memodelkan kebutuhan sistem .Hasil akhir dari sistem informasi ini berupa informasi yang berisi data prediksi yang membantu perusahaan dalam merencanakan pengadaan barang mendatang berdasarkan analisa dan trend penjualan.

References

Sutabri, Tata., 2012, Analisa Sistem Informasi, Andi Offset, Yogyakarta.
Santoso, A., dkk, 2017, Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan V 2017 Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Penerapan Metode ROP Dalam Sistem Informasi Manajemen Persediaan PadaUD. Sinus Electricheat,Surabaya, 19 Oktober 2017.
Raharjo, Joko Dwi., danErmawati,Tutut., 2014, Rancang Bangun Sistem Informasi Pengendalian Barang Menggunakan Metode Economic Order Quantity (Studi Kasus : PT. Ega Tekelindo Prima), Jurnal Sisfotek Global, Vol.4 No.2, 57-60.
Nasution, A. H., dan Prasetyawan, Y. 2008,Perencanaan & PengendalianProduksi, Edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Nafarin, M., 2000, Penganggaran Perusahaan, Edisi 1, Salemba Empat, Jakarta.
Permana, R.A., dkk, 2012, Analisis Dan Pengembangan Sistem Informasi Rapor Online Berbasis Web Dan Mobile Pada Sma Negeri 1 Gedong Tataan, Jurnal Komputasi, Vol.1(1), Hal: 82-94.
Sholiq, 2010, Analisa dan Perancangan Berorientasi Objek, Graha ilmu, Yogyakarta.
Published
2018-11-14
How to Cite
Fajarita, L., & Hati, E. (2018). PENERAPAN FORECASTING STRIGHT LINE METHOD DALAM PENGADAAN STOK BARANG MENDATANG STUDI KASUS : PT. BINA KARYA KUSUMA. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6636
Section
Vol 2 (2018)