SISTEM INFORMASI VIRTUAL ASSISTANT KEGIATAN PERKULIAHAN DOSEN DAN MAHASISWA

  • Tri Raharjo Yudantoro Politeknik Negeri Semarang
  • Prayitno Prayitno Politeknik Negeri Semarang
  • Budi Suyanto Politeknik Negeri Semarang
  • Slamet Handoko Politeknik Negeri Semarang
  • Wahyu Sulistiyo Politeknik Negeri Semarang
Keywords: virtual assistant, sistem informasi, website

Abstract

Perkembangan teknologi baik computer maupun handphone memungkinkan pengguna untuk memiliki asisten digital secara pribadi (virtual assistant). Pada aplikasi Microsoft Windows 10 terdapat Cortana sebagai asisten digital pribadi yang dapat diperintah untuk membuat jadwal, alarm, pengingat kegiatan dengan perintah suara. Pada aplikasi handphone, terdapat aplikasi siri pada perangkat apple dan google assistant pada perangkat android. Asisten digital pribadi inilah yang membantu kegiatan penggunanya sehari-hari. Teknologi asisten digital secara pribadi (virtual assistant) dapat dimanfaatkan pada perguruan tinggi untuk kegiatan civitas akademik seperti pengingat untuk setiap kegiatan yang harus dilakukan seseorang dalam satu hari dengan cara memunculkan notifikasi di setiap jadwal kegiatan. Selain itu, system informasi ini juga dapat memberikan informasi tentang perkuliahan mulai dari jadwal kuliah, kompensasi, pengumuman maupun informasi lain seputar perkuliahan secara cepat serta mampu mengakses informasi tersebut dimanapun kita berada. Teknologi virtual assistant ini akan efisien saat disematkan pada aplikasi smart watch android. Aplikasi dibangun menggunakan teknologi website dan android serta metode pengembangan perangkat lunak waterfall. Diharapkan aplikasi ini dapat mendukung system manajemen informasi akademik yang dapat tersampaikan dengan baik kepada seluruh sivitas akademik program studi D3 Teknik Informatika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang.

References

Achyarudin, Y., Zulkarnaen, A. H., & Rachmadi, M. (2013). Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada STMIK Global Informatika Multi Data Palembang. Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada Stmik Global Informatika Multi Data Palembang, 7.
Nuari, N. (2014). Perancangan Aplikasi Layanan Mobile Informasi Administrasi Akademik Berbasis Android Menggunankan Webservice (StudiKasus Reg. B Universitas Tanjungpura). Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JustIN), 1, 1–7.
Nurada, H. (2014). Naskah publikasi system informasi teknik elektro berbasis android di universitas muhammadiyah surakarta.
Ramadhan, T., & Utomo, V. (2014). Rancang Bangun Aplikasi Mobile Untuk Notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus: Stmik Provisi Semarang). Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(2), 47–55. https://doi.org/10.1234/JTIK.V5I2.93
Rizaldi, R. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Akademik Berbasis Android di STMIK Atma Luhur Pangkalpinang. Seminar, 2015.
Rolly, N., &Hakiem, N. (2015). PengembanganAplikasi Mobile Academic Information System (AIS) Berbasis Android untuk Pengguna Dosen dan Mahasiswa ( Studi Kasus : Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data ( Pustipanda ) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ). Jurnal Teknik Informatika, 8(1), 16–21.
Shia, Harfiyan; Zakaria, T. M. (2013). Pembuatan Aplikasi Pendukung Sistem Akademik Terpadu di Universitas Kristen Maranatha dengan Menggunakan Mono for Android. Sistem Informasi, 8(2), 14.
Sinsuw, A., &Najoan, X. (2013). Prototipe Aplikasi Sistem Informasi Akademik Pada Perangkat Android. TeknikElektro Dan Komputer, 2(5), 1–10.
Sulistianingsih, N., Mulyodiputro, M. D., & Hasanah, U. (2017). Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Dan Sms Gateway Di STMIK Bumigora Mataram, (July).
Wijaya, I. W. G. S. (2013). Penerapan Web Service Pada Aplikasi Sistem Akademik Pada Platform Sistem Operasi Mobile Android, 1–6.
Published
2018-11-14
How to Cite
Yudantoro, T., Prayitno, P., Suyanto, B., Handoko, S., & Sulistiyo, W. (2018). SISTEM INFORMASI VIRTUAL ASSISTANT KEGIATAN PERKULIAHAN DOSEN DAN MAHASISWA. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6603
Section
Vol 2 (2018)