RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GARAM RAKYAT

  • Muchamad Arif Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhamad Afif Effindi Universitas Trunojoyo Madura
  • Laili Cahyani Universitas Trunojoyo Madura
Keywords: PUGaR, Sistem Informasi Garam Rakyat

Abstract

Salah satu program Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia pada Tahun 2018 adalah Pengembangan Usaha Garam Rakyat atau disebut sebagai PUGaR. Program ini merupakan kelanjutan program sejenis yang telah dikembangkan pada tahun 2011. Program PUGaR merupakan program hibah yang diperuntukkan bagi pengembangan usaha produksi garam yang dilakukan oleh petambak garam, yang disebut sebagai garam rakyat. Bantuan yang diberikan oleh PUGaR pada tahun 2018 meliputi beberapa macam pendanaan yang secara khusus mulai tahun 2018 hanya dapat diajukan oleh Koperasi atau Badan Usaha Milik Desa dengan lahan yang terintegrasi. Melalui fokus studi pada Dinas Perikanan Kabupaten Sampang di Pulau Madura, penelitian ini bermaksud mengusulkan bentuk Sistem Informasi untuk mengelola dan melaksanakan pengajuan program hibah tersebut. Hingga saat paper ini disusun, sejauh pemahaman penulis, sistem informasi semacam ini belum diterapkan, utamanya di lingkungan Dinas Perikanan Kabupaten Sampang. Hasil penelitian saat ini adalah berupa rancang bangun Sistem Informasi Garam Rakyat. Sistem ini memiliki dua jenis pengguna, yakni Dinas selaku admin dan Pendaftar sebagai pihak yang mengajukan hibah PUGaR.

References

“Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pengembangan Usaha Garam Rakyat Tahun 2018.” Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, 2018.
B. A. Kurniawan, A. Suryono, and C. Saleh, “Implementasi Program Dana Bantuan Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) dalam Rangka Pengembangan Wirausaha Garam Rakyat (Studi pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumenep),” Wacana, vol. 17, no. 3, 2014.
B. A. Kurniawan, “Implementasi Program Dana Bantuan Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) dalam Rangka Pengembangan Wirausaha Garam Rakyat (Studi pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumenep),” AJIE - Asian J. Innov. Entrep., vol. 1, no. 1, pp. 12–29.
R. P. Amanda and I. Buchori, “Efektivitas Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (Pugar) Tahun 2014 Terhadap Tingkat Keberdayaan Petani Garam Rakyat di Kecamatan Kaliori,” J. Tek. PWK, vol. 4, no. 4, pp. 554–563, 2015.
S. A. Pranowo and Muhajir, “Dukungan Klinik IPTEK Mina Bisnis (KIMBis) pada Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat (PUGAR) di Kabupaten Pati,” Bul. Ilm. Mar. Sos. Ekon. Kelaut. Dan Perikan., vol. 1, no. 1, pp. 19–28, 2015.
S. B. Widiarto, M. Hubeis, and K. Sumantadinata, “Efektivitas Program Pemberdayaan Usaha Garam Rakyat di Desa Losarang, Indramayu,” Manaj. IKM, vol. 8, no. 2, pp. 144–145.
A. Supriyanto, Burhan, and M. Ulya, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web di PT. Garam (Persero),” AGROINTEK, vol. 7, no. 2, Agustus 2013.
jal, “Jaga Stok dan Produksi Garam, KKP Luncurkan SITEGAR,” Jaga Stok dan Produksi Garam, KKP Luncurkan SITEGAR, Agustus-2015. .
No Name, “Analisis Sistem Produksi Garam Rakyat dalam Mendukung Sistem Informasi Garam Rakyat (SITEGAR),” Analisis Sistem Produksi Garam Rakyat dalam Mendukung Sistem Informasi Garam Rakyat (SITEGAR), 08-Jun-2015.
Published
2018-11-14
How to Cite
Arif, M., Effindi, M., & Cahyani, L. (2018). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GARAM RAKYAT. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6601
Section
Vol 2 (2018)