PEMODELAN DAN OPTIMASI SISTEM TRANSPORTASI

  • Enty Nur Hayati universitas stikubank
Keywords: Metode Transportasi, Program Dinamis, WinQsb

Abstract

Graph adalah kumpulan dari beberapa titik yang dihubungkan dengan garis yang memiliki bobot. Grap tersebut dapat digunakan dalam mencari lintasan terpendek. Dalam menentukan lintasan terpendek menggunakan graph, dapat dilakukan dengan cara perhitungan manual, akan tetapi untuk kasus jalur transportasi sangat diragukan untuk kebenarannya, karena membutuhkan ketelitian dan waktu yang sangat lama. Untuk itulah dapat digunakan perhitungan menggunakan computer untuk mendapatkan jalur terpendek yang akan dilalui. Penulisan karya ilmiah ini bertujuan membuat jaringan rute transportasi untuk wilayah produksi dan distribusi serta menyusun model matematis dan menemukan solusi optimum dari sistem tranportasi yang direncanakan. Penyelesaian model matematis menggunakan software Winqsb untuk pengambilan keputusan.

Dari pengolahan data menggunakan software winqsb, didapat hasil optimum dari gudang ke daerah pemasaran dengan total biaya Rp. 372.000.000,- dengan menggunakan metode perhitungan Heuristik, sedangkan jika menggunakan metode NCR mendapatkan total baiaya Rp. 1.414.000.000,- sehingga di hasilkan selisih sebesar Rp. 1.042.000.000. sehingga yang sesuai permintaan minimum untuk pengeluaran di biaya Rp. 372.000.000. Dari PT. Indomaya Mas Jakarta ke Lampung yaitu A – B – C – D – E – F – G – H.

References

Enty Nur Hayati, 2018, Pemodelan Dan Optimasi Sistem Transportasi
Published
2018-11-14
How to Cite
Hayati, E. (2018). PEMODELAN DAN OPTIMASI SISTEM TRANSPORTASI. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6596
Section
Vol 2 (2018)