SISTEM MONITORING SUHU DENGAN METODE WIRELESS REAL-TIME

  • Dedy Kurniawan universitas stikubank
  • Eddy Nurraharjo universitas stikubank
Keywords: Arduino Uno, Sensor DHT11, Bluetooth, Android, Wireless Real-Time

Abstract

Sistem monitoring suhu secara realtime berbasis arduino uno melalui konektifitas bluetooth ini merupakan perpaduan antara alat dan aplikasi yang dirancang berbasis mobile android dan modul arduino. Aplikasi ini digunakan pada smartphone android untuk melakukan monitoring suhu ruangan maupun lingkungan. Dengan aplikasi tersebut user dapat mengetahui informasi detail suhu, status kipas angin yang tertera pada smartphone yang sudah terhubung bluetooth. Dalam pembuatan sistem monitoring suhu terdiri dari modul arduino uno, sensor suhu DHT11, bluetooth HC-05. Pembuatan aplikasi monitoring suhu menggunakan MIT App Inventor. Metodologi yang digunakan dalam merancang sistem ini menggunakan metode Wireless Real-time.

References

Muhammad Andi Prasetyo, 2015, Monitoring Suhudengan Android dan Arduino, Website : http://www.boarduino.web.id/2015/07/monitoring-suhu-dengan-android-dan.html, tanggal akses 10 April 2018.
Prayitno, W., Muttaqin, A., &Syauqy, D, 2017, “Sistem Monitoring Suhu, Kelembaban, dan Pengendali Penyiraman Tanaman Hidroponik menggunakan Blynk Android”
K., Vandra D., Zulhemi, Syaryadhi, M., 2017, “Monitoring Suhu dan Kelembaban Menggunakan Mikrokontroler ATMega328 pada Proses Dekomposisi Pupuk Kompos”
Juliansari, Noni., Dwi hartanto, E., Mulyati, Sri., 2017, “Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Mesin Pembentukan Embrio Telur Ayam Berbasis Mikrokontrler Arduino UNO”
Mulyono, Hery., Yudistira, Y. N., 2017, “Sistem Monitoring suhu dan kelembaban pada inkubatorbayiberbasismikrokontroler”
Andika., Ichsan A. B., 2017, “Monitoring Suhu Pemanas Portable Berbasis Arduino yang Terintegrasi dengan Android”,Mahasiswa dan Dosen Teknik Elektro Univ. Muhannadiyah, Surakarta.
Simbar, Veronika ., Sandra, Ritha., 2016.Prototype Sistem Monitoring Temperature Menggunakan Arduino UNO R3 dengan Komunikasi Wirelles. Mahasiswa dan Dosen Teknik ElektroUniv. Mercu Bauana.
Nurraharjo, Eddy (2015).”Implementasi Pemrograman Interfacing MATLAB-Arduino”. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK Volume 20, No.2. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Stikubank Semarang.
Nurraharjo, Eddy dan Budiarso, Zully. (2017).”REKAYASA MODEL ANTARMUKA MATLAB-ARDUINO ULTRASONIC DISTANCE METER”. SINTAK Volume 1. Program Studi Teknik Informatika. Universitas Stikubank Semarang.
Published
2018-11-14
How to Cite
Kurniawan, D., & Nurraharjo, E. (2018). SISTEM MONITORING SUHU DENGAN METODE WIRELESS REAL-TIME. SINTAK, 2. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6595
Section
Vol 2 (2018)