PERANCANGAN CUSTOMER RELATION MANAGEMENT UNTUK MODUL KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN
Abstract
Penerapan Customer Relation Management (CRM) secara tidak langsung dikatakan sebagai pengkomputerisasi data pelanggan. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pelanggan sehingga dapat terjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalahuntuk menghasilkan system Customer Relation Management (CRM) dan dapat digunakan untuk memberikan informasi yang up to date kepada para pelanggan tentang produk yang akan di jual. Metode pengembangan sistem yang digunakan yaitu waterfall dengan tahapan Communication, Analysis, Planning, Modelling, Construction, dan Deployment. Perancangan sistem menggunakan Diagram UML seperti Use Case Diagram, Implementation menggunakan PHP dan MySQL.Hasil dalam penelitian ini adalah dengan adanya aplikasi Costumer Relation Management(CRM) pelanggan dapat memesan produk tanpa batasan waktu dan tempat,pelanggan dapat memperoleh informasi diskon dan informasi produk dengan cepat dan mudah, serta sistem dapat mengirim sms secara broadcast kepada pelanggan.
References
Rejeki, R.S.A. Utomo, A.P.,Susanti, S.S.,(2011), Perancangan dan Pengaplikasian Sistem Penjualan pada “Distro Smith” Berbasis ECommerce,Skripsi, UniversitasStikubank Semarang.
Imbar, R.V., Tirta, E.(2012). Analisa, Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Penjualan Pelumas Studi Kasus : Perusahaan “PT. Pro Roll International,Skripsi, Universitas Kristen Maranatha Bandung..
Pressman, R.S. (2015). RekayasaPerangkatLunak: PendekatanBuku I. Yogyakarta: Andi.
Arinta, Widyaningtyas.2014. Sistem informasi akademik berbasis SMS Gateway menggunakan metode Prototype, Jurnal, Ilmu Komputer.
Kotler, P. & Armstrong, G. (2006). Principles of Marketing. 11th Edition,Prentice Hall International Inc, New Jersey.