RANCANG BANGUN APLIKASI “JELAJAH JAWA TENGAH” SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI BUDAYA TRADISIONAL DI JAWA TENGAH

  • Veronika Metalia Universitas Negeri Semarang
  • Anggraini Mulwinda Universitas Negeri Semarang
Keywords: Android, Jelajah Jawa Tengah, Media Informasi dan Promosi

Abstract

Jawa Tengah memiliki banyak potensi wisata yang dapat mengangkat pendapatan asli daerah. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah terus menggencarkan promosi sejumlah objek wisata serta berbagai event tahunan yang ada di 35 kabupaten/kota sebagai upaya meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Provinsi Jawa Tengah. Selama ini para wisatawan mendapatkan informasi yang dibutuhkan melalui internet, karena saat ini sudah tersedia di berbagai website, baik website milik pribadi, organisasi, ataupun pemerintahan. Namun, informasi wisata di berbagai website dapat memakan waktu cukup lama karena koneksi internet dan belum tentu informasi yang di sajikan tersebut lengkap. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan aplikasi android tentang wisata dan event Jawa Tengah yang dapat di akses melalui mobile secara cepat dan praktis. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode waterfall. Langkah-langkah yang harus dilalui meliputi communication, planning, modeling serta construction. Pada pengujian aplikasi menggunakan standar kualitas ISO 25010 dan divalidasi oleh pakar media dan materi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Jelajah Jawa Tengah layak digunakan berdasarkan uji fungsional, probabilitas dan performa. Pada validasi oleh ahli media mendapat nilai persentase 90% pada responden 1 dan 95% pada responden 2, serta pada validasi ahli materi mendapat nilai persentase 92,1875% yang ketiganya berkategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Aplikasi “Jelajah Jawa Tengah” dapat digunakan oleh sebagian besar masyarakat dan mendapatkan respons positif dari para pengguna.

References

Bassil, Y., 2012. A Simulation Model for the Waterfall Software Development LifeCycle. International Journal of Engineering & Technology (iJET), 2(5).
Belch, G. E. & Belch, M. A., 2003. Advertising and promotion: An integrated marketing communications perspective. 6th ed. s.l.:The McGraw- Hill.
Boykin, G., n.d. What is Traditional Advertising and promotion ?.www.yourbusiness.azcentral.com/traditional-advertisingpromotion-8673/31 Mei2017 (15:00 WIB).
Christensson, P., 2006. Media Definition.https://techterms.com/definition/media7 Maret 2017 (19:00 WIB).
David, A. B., 2011. Mobile App Testing. In: J. Diaz, ed. Testing Experience. Berlin:Diaz Hiltersheid, pp. 64-65.
Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah (DISPORAPAR JATENG). 2017. http://visitjawatengah.jatengprov.go.id/.18 April 2017 (14:00 WIB).
Fitrullah, Aman. 2016. Layanan Informasi Lokasi Event Menggunakan LBS Berbasis Jquery Mobile. Jurnal Informatika. Vol.10, No.2.
Hannam, K., Butler, G. & Paris, C. M., 2014. Developments and Key Issues in TourismMobilities. Annals of Tourism Research, Volume 44, pp. 171-185.
ISO/IEC-25010, 2011. iso25000.com.http://iso25000.com/index.php/en/iso-25000-standards/iso-2501020 Juli 2017 (08:00 WIB).
Lamb, C. W., Hair, J. F. & McDaniel, C., 2010. Essentials of Marketing. 7th ed.s.l.:Cengage Learning.
Low, L., 2000. Economics of Information Technology and the Media. Singapore:Singapore University Press and World Scientific Publishing.
Mahajan, A. C., 2016. Internet Users Worldwide 2016 – 2020: The Growth AtDecreasing Rate [REPORT]. https://dazeinfo.com/2016/06/13/number-internet-usersworldwide-2016-2020/ 17 April 2018 (08:00 WIB).
Mulhern, F., 2009. Integrated Marketing Communications: From Media Channels to
Digital Connectivity. Journal of Marketing Communications, 15(2-3), pp. 85101
Pratiwi, Tuty Endah. 2016. Masalah Infrastruktur Fokus Sektor Pariwisata Jateng. http://www.inditourist.com/read/masalah-infastruktur-fokus-sektor-pariwisata-jateng.html. 29 Maret 2017 (11:55 WIB).
Pressman, R. S., 2015. Software Engineering: A Practitioner's Approach. 8th ed. NewYork: McGraw-Hill.
Putra, Rangga Septian. 2015. Perancangan Sistem Informasi Objek Wisata di Kabupaten Garut secara Realtime Berbasis Mobile Android Menggunakan Eclipse 3.5.2 Galileo. Skripsi. Universitas Gunadarma.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research And Development/ R&D). Bandung: Alfabeta.
Suranto, Beni, dkk. 2015. Aplikasi Resonsif Peta pariwisata dan Budaya Indonesia. Seminar Nasional Indonesia Kreatif. Universitas Widyatama Bandung.
Wibowo, L. A., 2008. Usaha Jasa Pariwisata. Bandung, Pendidikan dan Latihan
Profesi Guru (PLPG) Bidang Keahlian Manajemen Bisnis.
Wijaya, Bagasworo Wisnu, dkk. 2016. Aplikasi Pemandu Wisata Kota Jepara Vujato Berbasis Android dengan Fitur Augmented Reality. Journal Teknik Elektro Terapan. 5(1): 19-23.
Wijayanto, Akhmad Agus, dkk. 2013. Aplikasi Mobile Lokasi Objek Wisata Kota dan Kabupaten Tegal Berbasis Android. Skripsi. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.
Published
2018-11-14
How to Cite
Metalia, V., & Mulwinda, A. (2018). RANCANG BANGUN APLIKASI “JELAJAH JAWA TENGAH” SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN INFORMASI BUDAYA TRADISIONAL DI JAWA TENGAH. SINTAK, 2. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6592
Section
Vol 2 (2018)