APLIKASI PERMAINAN EDUKASI PENGENALAN BUAH UNTUK ANAK USIA TK MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2

  • Dito Arif Romadhon universitas stikubank
  • Dwi Agus Diartono universitas stikubank
  • Hari Murti universitas stikubank
Keywords: aplikasi android, game petualangan, game mengambil buah, game construct 2

Abstract

Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu mengalami kemajuan yang sangat pesat. Seiring dengan perkembangan itu pula, permainan-permainan yang menggunakan karakter juga semakin banyak. Permainan yang tersedia sangatlah beragam dan menarik, namun tidak memiliki edukasi di dalamnya. Anak-anak lebih memilih bermain daripada belajar. Bermain sambil belajar akan lebih menyenangkan bagi anak-anak agar tidak bosan dalam belajar. Orang tua juga harus mendampingi anak saat belajar menggunakan aplikasi permainan untuk mengarahkan ke fitur dalam permainan.

Construct 2 adalah engine  yang digunakan untuk pembuatan game 2D berbasis HTML 5, dengan bantuan dari software pihak ketiga seperti Intel XDK dapat dilakukan build menjadi file.xdk kemudian melalui website Adobe PhoneGap Build yang dapat merubah file.xdk tersebut menjadi file.apk dan dapat di install pada smartphone. Penggunaan karakter atau gambar-gambar sangat diperlukan agar permainan menjadi menarik.

Dengan aplikasi permainan yang dibuat oleh penulis, diharapkan mampu membantu anak agar memiliki keinginan untuk belajar dan membaca.

References

Supardi. (2006) Metodologi Penelitian, Yayasan Cerdas Press, Mataram, hal 88.
Nazir, (2006) Metode Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta, hal 112.
Pressman, Roger S. (2002) Rekayasa Perangkat Lunak, ANDI Offset, Yogyakarta.
Roedavan, Rickman. (2017), Construct 2 Tutorial Game Engine, Informatika Bandung, Bandung.
Budianto, Anung. (2014) Analisis dan Perancangan Game Edukasi “NEED FOR SAFETY” Sebagai Sarana Pengenalan Rambu-rambu Lalu Lintas Untuk Anak Usia 6-12 Tahun, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Published
2018-11-14
How to Cite
Romadhon, D., Diartono, D., & Murti, H. (2018). APLIKASI PERMAINAN EDUKASI PENGENALAN BUAH UNTUK ANAK USIA TK MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6590
Section
Vol 2 (2018)