SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN TANAMAN OBAT (SITANO)

  • Arie Setyawan Universitas Ibn Khaldun
  • Puspa Eosina Universitas Ibn Khaldun
  • Dewi Primasari Universitas Ibn Khaldun
Keywords: Pengelolaan Tanaman, Sistem Informasi, Tanaman Obat

Abstract

Unit Konservasi dan Budidaya Biofarmaka (UKBB) adalah satuan kerja yang dibentuk oleh Pusat Studi Biofarmaka (PSB) LPPM-IPB untuk menangani masalah - masalah yang berhubungan dengan usaha konservasi dan budidaya biofarmaka yang dimiliki oleh PSB secara terarah dan kesinambungan. Unit ini terletak di dalam kampus IPB Darmaga, Kebun Cikabayan Blok C seluas 2.8 ha. Unit ini berhubungan dengan display, koleksi, pembibitan dan produksi biofarmaka. Yang meliputi, kegiatan pembibitan, perawatan selama Tanaman Belum Menghasilkan (TBM), pemanenan (Harvesting), perekrutan karyawan, pelatihan karyawan, penggajian karyawan, pengadaan bibit tanaman, serta pembuatan laporan akuntansi administrasi keuangan. Selain itu pengelolaan publikasi untuk informasi yang disajikan tentang deskripsi tanaman obat, kondisi lahan tanaman dan ketersediaan bibit tanaman masih dilakukan secara manual. Hal ini menyebabkan pengelola kesulitan dalam pengontrolan, pengolahan data dan publikasi informasi tanaman obat. Maka dengan sistem informasi manajemen tanaman obat yang diharapkan dapat memudahkan pengelola mendapatkan informasi deskripsi tanaman obat, pengontrolan lahan dan ketersediaan bibit tanaman. Hasil akhir dari penelitian ini adalah membuat suatu sistem yang dapat membantu pengelola Unit Konservasi dan Budidaya Biofarmaka untuk melakukan publikasi informasi dan juga membantu penyebaran informasi secara efektif dan efisien.

References

Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Ernawati Munadi, Ph.D 2017 Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia “Info Komoditi Tanaman Obat”
Website Pusat Studi Biofarmaka LPPM-IPB, http://www.biofarmaka.ac.id di akses pada tanggal 17 September 2018, “Tentang Informasi di Unit Konservasi dan Budidaya Biofarmaka”.
Jefonses Y. P., 2018, Rancang Bangun Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional Menggunakan Framework Code Igniter, Jurnal, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba, Sumba.
N. Komang S. C. P., A.A. Kompiang O. S., I Ketut G. D. P., 2014, Rancang Bangun Aplikasi Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional Berbasis Android, Jurnal, Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Badung
Antok D. P., 2011, Sistem Informasi Tanaman Obat Tradisional Berbasis Web Menggunakan PHP Dan MySQL, Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sukoharjo.
Nugraha A. A., 2017, Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Laboratorium, Skripsi, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Ibn Khaldun Bogor, Bogor.
Elvina H., 2012, Potensi Tanaman Obat Indonesia, http://www.bbpp-lembang.info/index.php/arsip/artikel/artikel-pertanian/585-potensi-tanaman-obat-indonesia, diakses tgl 10 September 2018.
Published
2018-11-14
How to Cite
Setyawan, A., Eosina, P., & Primasari, D. (2018). SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN TANAMAN OBAT (SITANO). SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6583
Section
Vol 2 (2018)