WARNING SYSTEM GANGGUAN KONEKTIVITAS JARINGAN PADA BMKG SEMARANG DENGAN TELEGRAM BOT

  • Agung Sulistyo universitas stikubank
  • Felix Andreas Sutanto universitas stikubank
Keywords: Monitoring, Jaringan, Notifikasi, Telegram

Abstract

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) adalah lembaga pemerintahan non departemen yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika. Dalam pelaksanaan tugasnya, salah satu masalah yang dihadapi adalah penanganan gangguan jaringan. Selama ini pengawasan jaringan dilakukan secara manual dan menunggu adanya laporan dari pengguna untuk penanganan gangguan tersebut. Oleh karena itu, teknisi atau admin jaringan tidak dapat merespon dengan cepat gangguan tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan teknisi atau admin jaringan dalam mendapatkan informasi lebih cepat apabila terjadi gangguan, sehingga meningkatkan efisien dan efektivitas dalam melakukan penanganan ganggungan jaringan. Dengan cara memonitor peralatan seperti router, sistem akan melakukan uji koneksi setiap interval tertentu pada jaringan koneksi yang ada pada sistem Netwatch. Sistem mengintegrasikan Telegram API sebagai media notifikasi apabila terjadi perubahan status dan memberitahukan informasi traffic jaringan kepada teknisi atau admin.

References

Prastyo, Imam. 2013. Pengenalan Monitoring Jaringan Komputer http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2013/05/imam-monitor_jarkom.pdf, Diakses tgl 20 September 2018.
Kusuma, Fanni Indra. 2015. Perancangan Sistem Monitoring Perangkat Jaringan Berbasis Snmp, Skripsi, Teknik Informatika Fakultas Komunikasi & Informatika Universitas Muhammadiyah, Surakarta.
Hidayatulloh, Syarif dkk. 2013. Membangun Monitoring Server Menggunakan Open Source Dengan Memanfaatkan SMS Gateway Pada Instansi Pendidikan, Skripsi, Teknik Informatika Universitas BSI, Bandung.
Farida, Triana dkk. 2016. Implementasi NotiFikasi Dengan SMS Pada The DUDE Network Monitoring, Jurnal Manajemen Informatika. Volume 5 Nomor 2 Tahun 2016, 42-49.
Published
2018-11-14
How to Cite
Sulistyo, A., & Sutanto, F. (2018). WARNING SYSTEM GANGGUAN KONEKTIVITAS JARINGAN PADA BMKG SEMARANG DENGAN TELEGRAM BOT. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6522
Section
Vol 2 (2018)