PEMODELAN SISTEM INFORMASI PRODUKSI DAN INVENTORI PADA PT. GUNA TEKNIK PERTIWI

  • Yohannes Yahya Welim Universitas Budi Luhur
  • Rendy Rinawan Halim Universitas Budi Luhur
Keywords: Data Proyek, Precast, Prestressed

Abstract

PT. Guna Teknik Pertiwi merupakan anak perusahaan yang bergerak dibidang piling atau pembuatan tiang pancang precast dan prestressed serta jasa pemancangan yang berdiri sejak tahun 1995. Alasan yang dihadapi oleh PT. Guna Teknik Pertiwi khususnya bagian PPIC adalah stok barang proyek tidak terpenuhi diakibatkan oleh kesalahan instruksi perencanaan harian yang tidak sesuai dengan data proyek. Oleh karena itu, perancangan sistem informasi perencanaan produksi dan pengendalian inventori yang berfungsi memperbaiki sistem penyimpanan data dan meningkatkan efisiensi dalam pengolahan data agar mampu menghasilkan informasi dengan lengkap dan selalu tersedia jika diperlukan.

Namun untuk mengimplementasikan sistem ini pada PT. Guna Teknik Pertiwi, perlu diberikan beberapa saran untuk menunjang keberhasilan dari fungsi-fungsi dan kelebihan yang ada pada sistem ini, yaitu memberikan pelatihan dalam penggunaan sistem ini kepada user, memerlukan perangkat keras dan perangkat lunak untuk menunjang sistem, perlu juga dilakukan back up data secara berkala, dan diadakan pelatihan untuk mem-back up untuk user agar user dapat dengan mandiri melakukan back up data. Ketelitian agar selalu dijaga sehingga keluaran yang dihasilkan akan sesuai dengan yang diinginkan. Perlu disadari, bahwa komputerisasi sistem tidak ada gunanya jika tanpa dukungan user yang terampil, teliti, dan bertanggung jawab.

References

Dennis, Alan., Barbara Haley Wixom., Roberta M. Roth. Systems Analysis and Design. Asia : John Wiley & Sons, Inc., 2010.
Gaspersz, V. dan A. Fontana. 2011. Integrated Management Problem Solving Panduan bagi Praktisi Bisnis dan Industri. Penerbit Vinchristo Publication.Kaplan, R.S.
Nugroho, Adi. Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta : Penerbit Andi, 2011.
Robbins, S.P. dan Mary Coulter. 2012. Management. Pearson Education, Prentice Hall.
Shalahuddin, M, dan Rosa A.S. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Penerbit Informatika, 2013.
Sutabri, Tata. Analisis Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi, 2012.
Utomo, Wiranto Herry. Pemodelan Basis Data Berorientasi Objek. Yogyakarta : Penerbit Andi,2010
Widodo, Probowo Pudjo, dan Herawati. Menggunakan UML (Unified modeling Language). Bandung : Penerbit Informatika, 2011.
Yuswanto, Pemrograman Dasar Visual Basic .NET 2008. Surabaya: Penerbit Cerdas Pustaka Publisher, 2008.
Published
2018-11-14
How to Cite
Welim, Y., & Halim, R. (2018). PEMODELAN SISTEM INFORMASI PRODUKSI DAN INVENTORI PADA PT. GUNA TEKNIK PERTIWI. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6521
Section
Vol 2 (2018)