PENERAPAN ITSM DENGAN FRAMEWORK ITIL V3 STUDI KASUS: STMIK MIKROSKIL

  • Riche Riche STMIK Mikroskil Medan
Keywords: ITSM, ITIL V3, Service, IT Service

Abstract

Latar belakang dari penulisan ini adalah organisasi dalam IT tidak memiliki pendekatan terstruktur untuk menerapkan pengelolaan akses dan proses pengelolaan layanan. Kemudian Information Technology Service Management (ITSM) standar dan kerangka tidak menyediakan contoh secara praktik, bagaimana menerapakan layanan IT dalam proses bisnis dalam organisasi. Dan yang terakhir adalah terdapat banyak opini bahwa perlu adanya diterapkan layanan IT untuk meningkatkan kualitas layanan. Tujuan penulisan adalah meningkatkan kualitas layanan IT dalam STMIK – Mikrsoksil dan merincikan langkah – langkah dalam menerapkan ITSM dengan framework ITIL V3 dalam STMIK – Mikroskil. Dimana dalam penulisan ini ruang lingkup dibatasi untuk area akademis seperti mahasiswa dan dosen serta pada layanan operasionalnya secara umum dan pengelolaan terhadap akses secara khususnya. Permasalahan yang ditemukan saat ini adalah ITSM merupakan sebuah sistem pengelolaan layanan yang digunakan untuk area IT. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas dari IT dalam STMIK – Mikroskil maka dibutuhkan adanya sebuah metode layanan IT. Metode pengelolaan IT yang akan digunakan adalah ITSM dengan framework ITIL V3. Metode penelitian dilakukan dengan melakukan pendefinisian masalah, kemudian melakukan analisa kebutuhan terhadap sistem lama dan merekomendasikan sistem baru yang seusai dengan analisa kebutuhan.

References

Sarno, R. (2009). Audit Sistem dan Teknologi Informasi. Surabaya: ITS Press.
Sasser, E. W., Olsen, R. P., & Wyckoff, D. D. (1978). Management of Service Operations : Text, Cases, and Readings. Boston: Allyn and Bacon.
Zhang, L. J., Zhang, L. J., & Cai, L. H. (2007). Services Computing. Berlin Heidelberg: Springer-Verlag.
Winkler, T., Wulf, J., Brenner, W., & Andersen, N. B. (2011). ITIL Self-Assessment. Retrieved from ITIL Self-Assessment: http://itil.selfsurvey.org/
California, B. U. (2016). Data Classification Standard | Information Security and Policy. Retrieved from https://security.berkeley.edu/data-classification-standard.
Tipton, H. F., & Krause, M. (2004). Information Security Management Handbook Fifth Edition. Boca Ranton London New York Washington, D. C.: Auerbach Publication.
Published
2018-11-14
How to Cite
Riche, R. (2018). PENERAPAN ITSM DENGAN FRAMEWORK ITIL V3 STUDI KASUS: STMIK MIKROSKIL. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6518
Section
Vol 2 (2018)