WEATHER UNDERGROUND UNTUK LAYANAN CUACA PADA SISTEM PENDAKIAN GUNUNG

  • Imelda Ade Yuliyana universitas stikubank
  • Herny Februariyanti universitas stikubank
  • Dwi Budi Santoso universitas stikubank
Keywords: gunung, pendakian, cuaca, web service

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan alam dengan jumlah gunung yang cukup beragam, beberapa diantaranya sangat populer di kalangan pendaki khususnya di pulau Jawa. Meskipun cukup diminati, potensi adanya kecelakaan dalam pendakian masih terbilang cukup tinggi. Hal tersebut dikarenakan pendakian gunung memiliki resiko yang berbahaya khususnya bagi pendaki pemula. Tidak semua pendaki berpengalaman dan memperhatikan keamanan, sehingga dapat menimbulkan terjadinya kecelakaan. Beberapa faktor yang menyebabkan kecelakaan adalah kurangnya informasi gunung, kelengkapan peralatan dan cuaca yang buruk. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk membangun suatu sistem berbasis web yang memudahkan pengguna dalam mengakses informasi sebagai acuan saat mendaki gunung. Sistem informasi ini menggunakan implementasi web service dengan memanfaatkan Google Maps untuk menampilkan titik lokasi dan layanan cuaca dari Weather Underground.

References

Nurgiyatna, F.A, 2014, Aplikasi Panduan Mendaki Gunung Berbasis Android, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, FKI UMS, Surakarta.
Hanindya, G.M. dan Somya, 2014, Perancangan dan Implementasi Aplikasi Mobile Tourist Guide pada Platform Android (Studi Kasus: Kepulauan Karimunjawa), Skripsi, Program Studi Teknik Informatika FTI UKSW, Salatiga.
Winata, A.K. dan Karima, A., 2015, Aplikasi Informasi Jalur Menuju Gunung di Jawa Tengah Berbasis Android, Skripsi, Jurusan Teknik Informatika FIK Udinus, Semarang.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1995, Edisi Kedua, Balai Pustaka, Jakarta.
Siregar, I. M. dan Purba, J., 2012, Membongkar Teknologi Pemrograman Web Service, Gava Media, Yogyakarta.
Shodiq, A., 2009, Tutorial Dasar Pemrograman Google Maps API, http://yuliana.lecturer.pens.ac.id/ Google%20Maps%20API/Buku/Tutorial%20Google%20Maps%20API.pdf, diakses tanggal 1 November 2017.
Utama, Y., 2009, Teknik Pemrograman Service PHP dengan Menggunakan SOAP dan WSDL, Andi, Yogyakarta
Weather Underground, 2017, About Us, https://www.wunderground.com/about /our-company, diakses tanggal 1 November 2017
Pressman, R.S., 2012, Rekayasa Perangkat Lunak - Buku Satu, Pendekatan Praktisi, Edisi 7, Andi, Yogyakarta.
Published
2018-11-14
How to Cite
Yuliyana, I., Februariyanti, H., & Santoso, D. (2018). WEATHER UNDERGROUND UNTUK LAYANAN CUACA PADA SISTEM PENDAKIAN GUNUNG. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6517
Section
Vol 2 (2018)