MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN OBAT PADA APOTEK GRUP MEDIK DENGAN OBJECT ORIENTED METHODOLOGY

  • Nurwati Nurwati Universitas Budi Luhur
  • Marwah Fatimah Universitas Budi Luhur
  • Mirnawati Mirnawati Universitas Budi Luhur
Keywords: Sistem Informasi, Pembelian, Unified Modelling Language

Abstract

Suatu organisasi membutuhkan manajemen data untuk memudahkan pada saat mengolah data, menyimpan data dan menampilkan kembali data yang diperlukan, sehingga diperlukan aplikasi atau sistem informasi yang dapat melakukan tugas tersebut. Sistem informasi pembelian obat pada apotek dimaksudkan untuk menampilkan informasi yang terkini mengenai pencatatan pembelian obat yang dibutuhkan, informasi jumlah ketersediaan obat, informasi tanggal kadaluwarsa obat dan menampilkan laporan pembelian yang dibutuhkan pemilik apotek. Sebagai tempat riset terletak di apotek Grup Medik dengan temuan masalah antara lain selisih stok obat antara catatan dengan ketersediaan fisik obat, kurangnya informasi mengenai masa berlaku setiap obat (tanggal kadaluwarsa) dan pencatatan faktur pembelian yang tidak tepat waktu mencatatnya sehingga mengganggu proses selanjutnya. Metodologi pada pembangunan sistem ini menggunakan Unified Modelling Language (UML) untuk merancang kebutuhan basis datanya, activity diagram proses bisnis hingga activity proses usulannya.

References

Eko Sugiarto, 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. In Suaka Media, Yogyakarta,. Available at: https://books.google.co.id/books?id=jWjvDQAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false.
Hanif Al Fatta, 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. In Penerbit ANDI, Yogyakarta. Available at: https://books.google.co.id/books?id=oHi8C1W4N7wC&pg=PA172&dq=pengujian+black+box&hl=id&sa=X&ved=0ahUKEwiUuLG8uIreAhWKtY8KHbX7CrUQ6AEIJzAA#v=onepage&q=pengujian black box&f=false.
Hestieyonini Hadyanawati, 2005. Sistem Informasi Persediaan Bahan Habis Pakai Untuk Pengendalian Bahan Praktikum Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. Available at: http://eprints.undip.ac.id/17624/1/HESTIEYONINI_HADNYANAWATI.pdf.
Himayati, (2008). Eksplorasi Zahir Accounting. PT. Elex Media Komputindo.Jakarta
Rosa A.S dan M. Shalahudin. (2010). Modul Pembelajaran Pemograman Berorientasi Obyek Dengan Bahasa Pemograman C++, PHP, dan Java. Bandung: Modula.
Syamsuni,Haji.(2006).Farmasetika dasar dan hitungan farmasi.Penerbit Buku Kedokteran EGC. Anggota IKAPI. Jakarta
Published
2018-11-14
How to Cite
Nurwati, N., Fatimah, M., & Mirnawati, M. (2018). MEMBANGUN SISTEM INFORMASI PEMBELIAN OBAT PADA APOTEK GRUP MEDIK DENGAN OBJECT ORIENTED METHODOLOGY. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6516
Section
Vol 2 (2018)