RANCANG BANGUN CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA OPTIK YUNUS MENGGUNAKAN METODE FCFS BERBASIS WEB MOBILE
Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, manusia semakin dimudahkan menjalankan kehidupannya sehari-hari. Kini teknologi menjadi sebuah kebutuhan yang tidak bisa lepas dari gaya hidup. E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik merupakan hasil dari perkembangan teknologi saat ini dibidang transaksi yang mempermudah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui internet atau jaringan komputer. Penggunaan strategi CRM Pada Optik Yunus sangat diperlukan begitu pula penambahan metode FCFS untuk mengatur proses antrean dimana yang pertama lunas diproses terlebih dahulu.
Hasil dari penelitina ini bertujuan agar dapat memudahkan pelanggan dalam pemesanan dan pembelian produk sehingga dapat membantu mempermudah konsumen dalam melakukan pembelian, pemesanan, konfirmasi pembayaran, melihat detail pemesanan barang, melakukan validasi pembayaran, memproses pemesanan dari pelanggan dan mencetak laporan-laporan seperti laporan barang, laporan konfirmasi dan laporan pemesanan melalui web.
References
IH Al Amin, Nur Hasan (2015) Implementasi CRM Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada Layanan Catering Jurnal: Semarang
Jogiyanto, H. M. (2008). Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Kadir,Abdul.2008.Tuntunan Praktis: Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Andi
Kadir, A. (2010). Mudah Mempelajari Database MySQL. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Kustiyaningsih, Y. & Anamisa, D.R. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta : Graha Ilmu.
MADCOMS. (2008) . Mengenal Adobe Dreamweaver CS6. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
MADCOMS.2011. Dreamweaver CS5 dan PHP MySQL untuk Pemula.Yogyakarta: Andi
MADCOMS. (2012). Adobe Dreamweaver CS6 dan PHP-MySQL untuk Pemula. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
Riyanto.2013.Membangun Mobile Web Store dengan CodeIgniter, MySQL & jQuery Mobile.Yogyakarta: Andi
Roger S. Pressman, Ph. D. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7 Buku 1. Yogyakarta : Penerbit ANDI.
R Hadi, Y Nugrahaeni (2016) Aplikasi Penjadwalan Terapi dengan Metode FCFS pada Sixo Reflexology
Sunarto, Andi.2009. Seluk Beluk E-Commerse. Jogjakarta: Garailmu
Utomo, E. P. (2013). Mobile Web Programming HTML5, CSS3, Jquery Mobile. Yogyakarta : Penerbit ANDI.