PENCARIAN LINTASAN PADA COLLISION DETECTION MENGGUNAKAN PENDEKATAN INTERPOLASI LINIER
Abstract
Deteksi tabrakan (collision detection) adalah masalah komputasi untuk mendeteksi persimpangan dua atau lebih obyek. Deteksi ini paling sering diterapkan dalam permainan komputer (computer game), simulasi pergerakan benda, atau aplikasi dalam robotika. Sebelum terjadi tabrakan (collision) maka obyek yang akan menabrak bergerak mendekati atau menuju obyek yang akan ditabrak. Dapat juga kedua obyek bergerak saling mendekat satu sama lain sampai dengan terjadi tabrakan antar kedua obyek tersebut. Disini proses mendekati sebuah obyek ditentukan oleh lintasan yang menuju atau mengarah kepada obyek yang akan ditabrak. Obyek yang ditabrak dapat berupa sebuah titik atau obyek dengan batas area tertentu.
Lintasan yang dibentuk akan bersifat dinamis apabila kedua obyek berpindah-pindah posisi, terutama obyek yang akan ditabrak. Untuk mencari atau menentukan lintasan tentu dibutuhkan metode yang akan mengkalkulasi berdasarkan posisi kedua obyek. Penelitian ini akan mencari lintasan kedua obyek menggunakan metode interpolasi linier. Interpolasi linier sering disebut juga sebagai interpolasi adalah kemampuan untuk menduga nilai lain yang terdapat di antara dua buah nilai yang dapat dinyatakan dalam bentuk grafik garis.
References
Astuti, R., 2016, Penerapan Metode Interpolasi Linier dan Metode Super Resolusi pada Pembesaran Citra, Jurnal INFOTEK, Vol. 1, No. 2, Hal. 161 - 169.
Munir, R., 2015, Metode Numerik Revisi Keempat, Penerbit Informatika, Bandung.
http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Buku/Metode%20Numerik/BAb-%2005%20Interpolasi%20Polinom.pdf
http://www.cs.berkeley.edu/~jfc/mirtich/collDet.html
Brown, E., 2016, Learning JavaScript, 3rd Edition, O'Reilly.
Hadi, S., 2014, Modul Grafika Komputer, Program Studi Teknik Informatika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Padjadjaran.
Hearn, D., Baker, M.P., 1986, Computer Graphics, Prentice-Hall International, USA.