PERHITUNGAN ZAKAT HARTA DAN ZAKAT PROFESI BERBASIS ANDROID

  • Desiana Mirtasari universitas stikubank
  • Herny Februariyanti universitas stikubank
Keywords: perhitungan zakat, zakat harta, zakat profesi, android

Abstract

Kemudahan sistem operasi android yang berbasis open source, android menjadi mudah dan bebas untuk dikembangkan. Salah satunya adalah penggunaan aplikasi di smartphone berbasis android yang berhubungan dengan penunaian kewajiban pada harta yang khusus yaitu mengenai perhitungan zakat. Aplikasi perhitungan zakat berbasis android merupakan sebuah aplikasi yang diterapkan pada smartphone android dimana dapat membantu kaum muslim dalam melakukan perhitungan zakat yang harus dikeluarkan sesuai peraturan Allah dan Rosul-Nya yang dapat digunakan kapan saja, dimana saja, dan oleh siapa saja, selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur alarm zakat yang dapat menjadi acuan waktu pengingat dalam membayar zakat secara tepat waktu. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu metode prototype. Aplikasi perhitungan zakat ini dibuat dengan menggunakan java sebagai bahasa pemrograman dengan Android Studio sebagai Integrated Development Environtment (IDE). Aplikasi ini menggunakan rumus perhitungan zakat harta dan zakat profesi yang diterapkan pada coding program yang akan menghitung besarnya zakat harta dan zakat profesi yang wajib
dikeluarkan oleh kaum muslim. Aplikasi perhitungan zakat ini dapat membantu kaum muslim dalam melakukan perhitungan zakat harta dan zakat profesi yang harus dikeluarkan serta dengan adanya fitur alarm zakat dapat digunakan menjadi acuan waktu pengingat dalam membayar zakat secara tepat waktu.

References

Rifa’atunnisa (2014), Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Pengembangan Aplikasi Perhitungan Zakat Berbasis Android Menggunakan Metode Prototype, no. 1, vol. 11.
Adhim, R.A. (2017), Jurnal Matrik, Implementasi Aplikasi Zakat Pada Lazis Al Irsyad Al Islamiyah Purwokerto, no. 1, vol. 17.
Ardandi, Y. (2014), Jurnal Ilmiah Media Processor, Rancangan Aplikasi Menghitung Zakat Berbasis Android, no. 3, vol.9.
Putro, R.T. (2018), Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Pengembangan Aplikasi Mobile Geotagging Pembagian Zakat Fitrah Pada Platform Android, no. 7, vol. 2, hlm. 2811-2816.
Dara, Y. (2014), Jurnal Vokasional Teknik Elektronika & Informatika, Perancangan Aplikasi Perhitungan Zakat Maal, Menentukan Waktu Shalat, dan Arah Kiblat Menggunakan GPS Berbasis Android, no. 2, vol. 2.
Ridlo, M.T. (2007), Zakat Profesi dan Perusahaan, I, Institut Manajemen Zakat, Tangerang, 3.
Hasbiyallah, (2014), Fiqh dan Ushul Fiqh, II, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 245.
Kadir, A. (2014), Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, II, Andi, Yogyakarta, 357.
Hafiduddin, D. (2007), Agar Harta Berkah dan Bertambah, I, Gema Insani Press, Jakarta, 131.
http://zakat.or.id/, diakses tgl 29 Agustus 2018.
Published
2018-11-16
How to Cite
Mirtasari, D., & Februariyanti, H. (2018). PERHITUNGAN ZAKAT HARTA DAN ZAKAT PROFESI BERBASIS ANDROID. SINTAK, 2. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/6494
Section
Vol 2 (2018)