METODE MOORA DENGAN PENDEKATAN PRICE-QUALITY RATIO UNTUK REKOMENDASI PEMILIHAN SMARTPHONE

  • Indra Hidayatulloh
  • Muhammad Zidny Naf’an

Abstract

Saat ini banyak website e-commerce yang di dalamnya terdapat banyak penjual yang menawarkan berbagai macam smartphone dengan fitur yang beraneka ragam. Hal ini tentu membingungkan dan menyulitkan konsumen dalam menentukan pilihan smartphone yang akan dibeli. Salah satu solusinya adalah, dengan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang memudahkan konsumen untuk mendapatkann smartphone dengan kualitas terbaik dan sesuai budget yang dimiliki. Metode Multi Criteria Decision Making (MCDM) banyak diterapkan pada SPK untuk menghasilkan rekomendasi keputusan dari banyak kriteria pengambilan keputusan. Salah satu metode MCDM yaitu metode MOORA yang memiliki waktu kalkulasi sedikit, simple, transparan, dan fleksibilitas yang tinggi dibandingkan dengan metode lainnya. Namun, metode MOORA belum mampu menghasilkan rekomendasi yang mempertimbangkan kualitas suatu produk terhadap harga atau pernghargaan terhadap nilai uang. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan price-quality ratio dalam penerapan metode MOORA. Nilai kualitas diperoleh dengan menggunakan metode MOORA kemudian dibandingkan terhadap harga/biaya. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa penerepan metode MOORA dengan dan tanpa pendekatan price-quality ratio menghasilkan rekomendasi produk smartphone berbeda. Pendekatan price-quality ratio menghasilkan rekomendasi smartphone yang paling hemat (harga murah dengan kualitas optimal) namun bukan
smartphone dengan kualitas terbaik.
Published
2017-11-11
How to Cite
Hidayatulloh, I., & Naf’an, M. (2017). METODE MOORA DENGAN PENDEKATAN PRICE-QUALITY RATIO UNTUK REKOMENDASI PEMILIHAN SMARTPHONE. SINTAK, 1. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/5557
Section
Vol 1 (2017)