RANCANGAN SISTEM EVALUASI dan MONITORING PROSES PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI

  • Novita mariana
  • Rara Sri Artati Rejeki
  • Jeffri Alfa Razaq

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan pengajar dan sumber belajar pada suatu
lingkungan belajar. Di dalam lingkungan perguruan tinggi, interaksi tersebut terjadi antara
mahasiswa dengan dosen. Pembelajaran merupakan sistem yang terdiri dari masukan, proses dan keluaran,
maka terdapat tiga jenis evaluasi sesuai dengan sasaran evaluasi pembelajaran, yaitu evaluasi masukan, proses
dan keluaran pembelajaran. Program studi dan lembaga penjaminan mutu perlu mengetahui bahwa kegiatan
pembelajaran yang sedang dilaksanakan sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah dibuat, sesuai
kurikulum, dan sesuai dengan tujuan kompetensi yang akan dicapai dalam matakuliah. Siklus sistem evaluasi
dan monitoring proses pembelajaran, rubrik evaluasi dosen, checklist audit program studi perlu dirancang
dengan baik dengan didukung struktur organisasi penjaminan mutu di fakultas untuk memberikan jaminan
kualitas yang baik dalam proses pembelajaran.
Published
2017-11-15
How to Cite
mariana, N., Sri Artati Rejeki, R., & Alfa Razaq, J. (2017). RANCANGAN SISTEM EVALUASI dan MONITORING PROSES PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI. SINTAK, 1. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/5546
Section
Vol 1 (2017)