PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLA DATA KEGIATAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERBASIS MOBILE BAGI DOSEN

  • Henny Indriyawati
  • Bernadus Very Christioko

Abstract

Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
disebutkan bahwa Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan,
mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian,
dan pengabdian kepada masyarakat. Khusus dalam unsur pelaksanaan pendidikan, seperti yang diatur dalam
Petunjuk Teknis Pelaksanaan Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen dan Angka Kreditnya, Dosen
melakukan beberapa kegiatan diantaranya yaitu melaksanakan perkuliahan dan membimbing. Untuk
mengetahui informasi pelaksanaan kegiatan ini dosen mengalami kendala ketika informasi mengenai matrik
perkuliahan dan progress bimbingan justru tidak dimiliki oleh dosen yang bersangkutan melainkan oleh bagian
akademik dan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah merancang Sistem Informasi berbasis mobile bagi
Dosen untuk mendukung pengelolaan informasi kegiatan pelaksanaan pendidikan yang dapat diakses secara
pribadi menggunakan jaringan internet. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan sistem yang
meliputi tahapan analisa kebutuhan sistem, perancangan sistem dan perangkat lunak. Hasil dari penelitian ini
adalah sebuah prototipe sistem informasi berbasis mobile yang dapat diakses menggunakan smartphone dan
laptop melalui browser. Kebutuhan akan sistem informasi ini sangat diperlukan mengingat mobilitas dosen yang
cenderung tinggi serta perkembangan teknologi jaringan internet dan smartphone yang sangat pesat mendorong
pengelolaan yang serba cepat dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-11-15
How to Cite
Indriyawati, H., & Very Christioko, B. (2017). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLA DATA KEGIATAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN BERBASIS MOBILE BAGI DOSEN. SINTAK, 1. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/5543
Section
Vol 1 (2017)