PEMANFAATAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PELATIHAN KETERAMPILAN TENAGA KEPENDIDIKAN UPN "VETERAN" JAKARTA
Abstract
Salah satu hak tenaga kependidikan yaitu mendapatkan pelatihan agar tenaga kependidikan memilikipengetahuan, kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan yang dilakukan. Agar
pelatihan dapat memberikan efek yang baik bagi tenaga kependidikan diperlukan pelatihan yang baik dan tepat
sasaran. Untuk mencapai sasaran tersebut, ada beberapa kendala yang dihadapi diantaranya waktu pelatihan
yang terbatas, kurangnya konsentrasi untuk mengikuti pelatihan, diperlukan adanya konsultasi diluar jam
pelatihan dan materi pelatihan yang dapat diakses diluar waktu pelatihan. Penggunaan Teknologi Informasi
dalam mendukung pelatihan sangatlah penting. Salah satunya dengan menggunakan e-learning, suatu aplikasi
pembelajaran yang menggunakan media elektronik yang terhubung melalui media internet maupun jaringan
intranet. Penelitian ini dilakukan untuk pengukuran usability aplikasi e-learning dan mengevaluasi pemanfaatan
E-learning Sebagai Media Pelatihan Keterampilan Tenaga Kependidikan UPN "Veteran" Jakarta. Dalam
penelitian ini akan diukur tingkat usability sistem dan dianalisis dengan 4 variabel bebas, yaitu learnability,
efficiency, memorability, error dan satisfaction. Pengambilan data dengan kuesioner melibatkan 169 responden
pengguna aplikasi e-learning untuk pelatihan tenaga kependidikan. Hasil kuesioner user terhadap aplikasi elearning
didapatkan rata-rata persentase sebesar 76,2% berada pada kategori baik, hal ini membuktikan bahwa
aplikasi sesuai dengan ekspektasi dalam layanan kebutuhan yang disediakan, aplikasi secara keseluruhan
sangat bermanfaat, dan aplikasi dinilai sangat berguna. Semakin tingginya nilai usability aplikasi akan
menggambarkan bahwa aplikasi tersebut memiliki nilai yang baik. Hasil hipotesis yang dilakukan pada
penelitian didapatkan bahwa variable learnability, efficiency dan memorability berpengaruh secara signifikan
terhadap usability. Variabel error dan Satisfaction tidak berpengaruh secara signifikan terhadap usability.
Artinya bahwa dalam kebergunaan aplikasi tidak berpengaruh signifikan oleh variabel error dan satisfaction.
Berdasarkan hasil uji data dalam penelitian ini, dapat diketahui bahwa variabel yang diteliti yaitu learnability,
efficiency, memorability, error dan satisfaction memberikan pengaruh terhadap usability sebesar 96,9% ,
sedangkan sebesar 3,01% dipengaruhi variabel yang tidak diteliti. Setelah dilakukan pengukuran usability,
langkah selanjutnya melakukan evaluasi dengan kuesioner yang dibuat menggunakan model usability dan
menggunakan 10 prinsip heuristic (Jacob Nielsen) yang kemudian akan dijadikan acuan dalam penarikan
rekomendasi untuk perbaikan kualitas aplikasi e-learning.
Published
2017-11-15
How to Cite
Wati, T., & Bayu Seta, H. (2017). PEMANFAATAN E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PELATIHAN KETERAMPILAN TENAGA KEPENDIDIKAN UPN "VETERAN" JAKARTA. SINTAK, 1. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sintak/article/view/5529
Issue
Section
Vol 1 (2017)