PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN LURING DI AWAL MASA NEW NORMAL PADA PAUD AL IKHLAS SALMAN KELURAHAN SALAMANMLOYO KOTA SEMARANG
Abstract
Lebih dari satu tahun selama masa pandemi Covid-19, lembaga pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini (PAUD) tidak melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka atau luring di sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual atau daring. Pada awal proses belajar mengajar secara tatap muka di masa normal baru ini, tentu perlu diberikan bekal pengetahuan yang tepat mengenai Covid-19. Agar guru, siswa, orang tua, dan juga orang-orang disekitar dapat berkegiatan dengan baik namun tetap waspada. Tim pengabdian melakukan pendampingan dan memberikan materi belajar yang berisi informasi dan panduan dalam bentuk presentasi yang cukup menarik dan mudah dipahami oleh siswa PAUD. Sumber utama materi belajar berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Materi meliputi penjelasan wabah penyakit Covid-19, cara perawatan ada saat tertular, dan cara menghindari agar tidak tertular. Materi ini diberikan sebagai materi tambahan dari materi belajar yang sesuai dengan kurikulum, dan diajarkan oleh ibu Guru pengajar di PAUD tersebut. Penyusunan materi belajar didiskusikan bersama Guru agar pada saat disampaikan dapat diterima dengan baik oleh siswa. Diharapkan melalui kegiatan ini, proses belajar mengajar secara luring di masa normal baru ini dapat berlangsung dengan baik.