IMPLEMENTASI ALGORITMA SELECTION SORT UNTUK PERANGKINGAN POIN PADA E-SPORTS TOURNAMENT GARUDA LEAGUE

  • Katon Priambodo
  • Jati Sasongko Wibowo

Abstract

Perkembangan esports saat sekarang ini semakin diminati dari masa ke masa dimana di Asia Pasifik negara Indonesia merupakan salah satu pasar paling besar dengan nilai transaksi mencapai sebesar US$941 juta atau setara senilai 13 triliun rupiah. Melihat hal tersebut, perkembangan industri esports bergerak sangat pesat. Dunia esports sangat menjanjikan dan tidak diragukan lagi dengan jumlah para gamer sebanyak 1,7 miliar orang. Sebagian besar anggota dari komunitas game merupakan generasi muda millennial yang sangat menarik untuk keperluaan bisnis. Salah satu kompetisi game dari esports yang sedang diminati diantaranya yaitu garuda league. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem pendukung garuda league dengan metode selection sort yang dapat digunakan untuk memudahkan dalam proses proses pengurutan posisi tim yang bertanding dari jumlah poin yang didapatkan dalam beberapa tabel yang terdapat pada website resmi liga www.garudaleague.com. Berdasarkan pengurutan secara descending dengan metode selection sort dari kompetisi garuda league diperlihatkan bahwa poin terbesar adalah tim 3 dengan nilai poin 100, urutan kedua adalah tim 2 dengan nilai poin 95, urutan ketiga adalah tim 1 dengan nilai poin 90, urutan keempat adalah tim 4 dengan nilai poin 80 dan urutan terakhir adalah tim 5 dengan nilai poin 75.

Published
2021-07-28
How to Cite
Priambodo, K., & Wibowo, J. (2021). IMPLEMENTASI ALGORITMA SELECTION SORT UNTUK PERANGKINGAN POIN PADA E-SPORTS TOURNAMENT GARUDA LEAGUE. Proceeding SENDI_U, 486-492. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8639