PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DIMODERASI OLEH LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI KASUS SISWA DI SMP NEGERI 4 KOTA PEKALONGAN)

  • Frenti Kurniyanti
  • Lie Liana

Abstract

Tujuan penelitian untuk menguji dan menganalisis pengaruh keterlibatan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa dimoderasi lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kota Pekalongan. Jumlah populasi 550 siswa sampel 180 siswa berpatokan pada tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 10 %. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei dan instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan Skala likert 5. Teknik analisis data dilakukan dengan uji validitas melalui CFA, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heterokedastisitas, dan uji model (uji F, R-Square). Uji hipotesis menggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan orang tua, motivasi belajar dan lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, namun lingkungan sekolah tidak memoderasi keterlibatan orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa.

Published
2021-07-28
How to Cite
Kurniyanti, F., & Liana, L. (2021). PENGARUH KETERLIBATAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DIMODERASI OLEH LINGKUNGAN SEKOLAH (STUDI KASUS SISWA DI SMP NEGERI 4 KOTA PEKALONGAN). Proceeding SENDI_U, 247-253. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8603