PROGRAM UNJUK BAKAT BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI
Abstract
Setiap anak berhak untuk mendapatkan layanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhannya. Hal
tersebut sebagai upaya untuk mneghantarkkan perkembangan anak agar dapat menjadi manusia paripurna.
Layanan pendidikan iinklusi telah mendapatkan dukungan positif dari pemerintah. Hanya saja dalam
pelaksanaannya dibutuhkan inovasi agar mendapatkan dukunga positif dari semua pihak. Terutama persepsi
positif terhadap siswa ABK yang harus didorong dengaan upaya tertentu. Unjuk bakat menjadi salah satu
program SMK Pariwisata IT Nurul Imam Kabupaten Bandung Barat sebagai upaya mendorong persepsi positif.
Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif dengan strategi fenomenologi. Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
program unjuk bakat diawali dengan assessment terhhadap potensi yang dimiliki ABK. Identifikasi terhadap
minat dan bakat siswa ABK diikuti dengan upaya untuk pengembangannya. Kerjasama dengan orangtua
dilakukan agar terjadi pembinaan berkesinambungan dan selaras dengan sekolah. Sekolah memfasilitasi unjuk
bakat siswa ABK melalui program rutin dan insidental yang dilaksanakan oleh sekolah. Sarana dan prasarana
pendukung masih dalam upaya pemenuhan secara bertahap.