ANALISIS PENGARUH PERSEPSI HARGA, DAYA TARIK WISATA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TEMPAT WISATA TAMAN SARI YOGYAKARTA

  • Maria Yolenta Tahir Universitas Kristen Duta Wacana
  • Ety Istriani Universitas Kristen Duta Wacana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel persepsiharga, daya Tarik wisata
dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Tempat wisataTaman Sari Yogyakarta. Data yang
dianalisis berjumlah 100 orang responden. Pengambilan data dengan menggunakan teknik purposive sampling.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: (1). Variabel persepsi harga secara parsial berpengauh
signifikan terhadap kepuasan pengunjung, (2).Variabel daya tarik wisata secara parsial berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengunjung, (3).Variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh secara signifikan
terhadap kepuasan pengunjung dan (4). Variabel persepsi harga, daya Tarik wisata dan kualitas pelayanan
secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung.
Data pada penelitian ini dianalisis dengan menggunakan alat regresi linier berganda. Hasil penelitian
meunjukan variabel independen persepsi harga, daya Tarik wisata dan kualitas pelayanan secara parsial
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Variabel persepsi harga, daya Tarik wisata dan kualitas
pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata Taman Sari
Yogyakarta. Koefisien determinasi (adjusted R square) adalah 0,519 yang berarti variabel persepsi harga, daya
Tarik wisata dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata Taman Sari Yogyakarta
sebesar 51% dan sisanya 49% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebut kan dalam peneltian ini.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed