ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

  • Verisa Margret Subara Universitas Indonesia
  • Ferdinand D Saragih Universitas Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap pengungkapan corporate social responsibility yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2014. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan didasari atas indikator-indikator G3 GRI yang dilihat melalui annual report perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri dan bahan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014. Dari 58 perusahaan, hanya 28 perusahaan yang sesuai dengan kriteria. Teknik analisis data dilakukan dengan melakukan pengujian asumsi klasik dan pengujian hipotesis yang menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara NPM dan ROA tidak berpengaruh, sedangkan ROE dan DER berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan CSR. Kesadaran setiap perusahaan industri bahan dasar dan kimia dalam mengungkapkan CSR dalam annual reportnya masih tergolong rendah. Berdasarkan kriteria G3 Global Reporting Initiative (GRI) Guidelines pengungkapan yang dilakukan setiap perusahaan belum sepenuhnya memenuhi 83 indikator yang ada.

Published
2020-07-22
How to Cite
Subara, V., & Saragih, F. (2020). ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY. Proceeding SENDI_U, 483-494. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8026