ANALISA SEBARAN MAHASISWA UNIVERSITAS STIKUBANK MENGGUNAKAN METODE K-MEANS

  • Felix Andreas Sutanto Universitas Stikubank
  • Heribertus Yulianton Universitas Stikubank
  • Jeffri Alfa Razaq Universitas Stikubank

Abstract

Setiap perguruan tinggi selalu berharap mendapatkan mahasiswa baru sebanyak mungkin. Berbagai
usaha promosi mungkin dilakukan untuk mendapatkan mahasiswa baru. Ada yang memasang iklan di surat kabar,
televisi maupun media baliho, pamflet, brosur dan sebagainya. Namun tidak semua cara bisa dilakukan secara
efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengelompokan terhadap data mahasiswa Universitas Stikubank
dengan memanfaatkan data mining menggunakan teknik Clustering. Diharapkan dari penelitian ini dapat
diketahui kelompok-kelompok wilayah promosi yang dapat dijadikan prioritas untuk promosi. Data yang
digunakan adalah data mahasiswa Unisbank pada tahun 2018 dan 2019. Metode yang digunakan adalah KMeans dengan algoritma Lloyd. Klaster ditentukan dengan jumlah tertentu. Untuk mengolah data digunakan
bahasa R.
Hasil dari penelitian ini adalah kelompok alumni berdasarkan fakultas dan kota asal sekolah. Data
tersebut dapat digunakan untuk memetakan wilayah atau kota-kota yang akan dijadikan prioritas untuk promosi.

Published
2020-07-22
How to Cite
Sutanto, F., Yulianton, H., & Razaq, J. (2020). ANALISA SEBARAN MAHASISWA UNIVERSITAS STIKUBANK MENGGUNAKAN METODE K-MEANS. Proceeding SENDI_U, 436-440. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8018