ANALISA PENJUALAN MAKANAN MINUMAN MENGGUNAKAN KAIDAH ASOSIASI DENGAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: RESTORAN LA STEAK SEMARANG)

  • Crismona Julia Nadilla Universitas Stikubank
  • Jeffri Alfa Razaq Universitas Stikubank

Abstract

Persaingan didunia bisnis khususnya dalam bidang kuliner menuntut para pengembang bisnis untuk
menemukan suatu strategi yang dapat meningkatkan penjualan khususnya dalam bidang kuliner. Mencari
keuntungan merupakan tujuan operasional restoran, maka untuk memenuhi tujuan tersebut diperlukan suatu
strategi yang dapat meningkatkan penjualan. Data mining adalah suatu istilah yang digunakan untuk
menguraikan penemuan pengetahuan di dalam database. Algoritma apriori dapat dimanfaatkan dalam proses
penjualan, dengan memberikan hubungan antar data penjualan, dalam hal ini adalah makanan dan minuman
yang dipesan sehingga akan didapat pola pembelian konsumen.Restoran LA Steak menyediakan berbagai
macam makanan seperti steak, mie level, spaghetti, rice bowl dan minuman. Kebutuhan yang diperlukan oleh
restoran ini adalah menemukan pola penjualan makanan dengan minuman yang sering dibeli konsumen secara
waktu yang bersamaan melalui data transaksi penjualan. Untuk menunjang proses analisa, pemahaman dan
pengolahan data dalam persiapan data menggunakan metode CRISP-DM (Cross Industry Standard Process for
Data Mining).Hasil yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menentukan aturan asosiasi dan
mengembangkan promosi paket menu, serta agar penyediaan stok dapat berjalan dengan lancar dan tidak ada
keterlambatan stok barang.

Published
2020-07-22
How to Cite
Nadilla, C., & Razaq, J. (2020). ANALISA PENJUALAN MAKANAN MINUMAN MENGGUNAKAN KAIDAH ASOSIASI DENGAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: RESTORAN LA STEAK SEMARANG). Proceeding SENDI_U, 338-346. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8003