ASSOCIATION RULES PADA BENAYU HIJAB SEMARANG DENGAN ALGORITMA APRIORI
Abstract
enayu Hijab Semarang merupakan distributor brand hijab seperti Gerai Saffa, Alwa, dan Kiciks, yang
menyediakan berbagai produk perlengkapan muslimah dengan toko offline yang letaknya di Jl. Prof. DR. Hamka
no. 9 RT 03/RW O4, Tambakaji, Kec. Ngaliyan, Semarang. Dengan berbagai macam produk dari brand yang
dijual, pemilik usaha kesulitan dalam penentuan stok yang ideal, sehingga penjualan tidak maksimal. Pemilik
usaha membutuhkan informasi pola kombinasi produk yang sering dibeli secara bersamaan, agar dapat
meningkatkan strategi penjualan dan acuan dalam penentuan stok barang.
Implementasi Market Basket Analysis pada Benayu Hijab Semarang akan menggunakan Algoritma Apriori
untuk menganalisa pola kombinasi produk yang saling berhubungan. Teknik asosiasi digunakan untuk
menganalisa transaksi penjualan menggunakan Software RStudio dengan nilai minimum support yaitu 0,01 (1%)
dan nilai confidence 0,5 (50%) menghasilkan 14 aturan asosiasi. Penggunaan metode CRISP-DM digunakan
sebagai penunjang proses analisa, pemahaman dan pengolahan data. Hasil dari analisa ini berupa aturan
asosiasi yang akan diterapkan dalam pengembangan strategi pemasaran dan penentuan stok barang di Benayu
Hijab Semarang