PENCARIAN POLA PENJUALAN MINUMAN KEMASAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: TOKO RENJI SEMARANG)

  • Fitri Andriyani Universitas Stikubank
  • Arief Arief Universitas Stikubank

Abstract

Toko Renji merupakan toko yang menjual produk minuman kemasan yang ada di Kota Semarang
beralamat di Jalan Puspanjolo Selatan RT 7 RW 3, Bojong Salaman, Kota Semarang. Toko ini menjual berbagai
macam merek produk minuman kemasan. Namun pemilik toko masih sering mengalami kesulitan dalam mengolah
data transaksi penjualan dan mengalami kesulitan dalam mengolah ketersediaan barang, oleh karena itu
penjualan tidak maksimal. Maka dari itu pihak Toko Renji membutuhkan informasi pola kombinasi produk
minuman kemasan agar dapat memenuhi persediaan produk minuman yang saling berkaitan.Dengan adanya
implementasi data mining menggunakan Algoritma Apriori pada Toko Renji dapat membantu pemilik toko dalam
mengetahui pola kombinasi produk minuman yang saling berhubungan. Menganalisa transaksi penjualan
tersebut dapat menggunakan teknik asosiasi tujuannya agar bisa melihat pola hubungan antar barang yang dibeli
konsumen secara bersamaan. Proses ini menggunakan Software Rstudio dengan nilai minimum support 0,01 (1%)
dan nilai confidence 0,5 (50%) aturan yang diperoleh dari nilai support dan confidence yaitu 14 aturan asosiasi.
Aturan asosiasi tersebut menghasilkan nilai confidence tertinngi 100% pada pembelian Kopi Cup dan Vit 1500ml
maka akan membeli Le Minerale 600ml secara bersamaan. Penerapan Algoritma Apriori pada data mining
dengan aturan asosiasi dapat menemukan pola kombinasi itemset dari hasil penjualan produk minuman di Toko
Renji, sehingga diperoleh informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan penjualan dan dapat mengolah
persediaan stok produk minuman dengan baik. Kedepannya dapat mengkombinasikan dengan algoritma lain
untuk melihat perbandingan analisanya dan dikembangkan lebih luas lagi dalam bentuk aplikasi agar dapat
dengan mudah mengaksesnya.

Published
2020-07-22
How to Cite
Andriyani, F., & Arief, A. (2020). PENCARIAN POLA PENJUALAN MINUMAN KEMASAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI (STUDI KASUS: TOKO RENJI SEMARANG). Proceeding SENDI_U, 267-273. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7993