PERMAINAN EDUKASI BELAJAR BERKEMAS UNTUK ANAK USIA DINI

  • Dena Resmanah Universitas Majalengka
  • Cecep Roni Universitas Majalengka
  • Tri Ferga Prasetyo Universitas Majalengka

Abstract

Sejak dulu dunia game merupakan salah satu yang paling diminati, baik dewasa maupun anak-anak. Bagi
yang memainkanya game pasti memiliki daya tarik tersendiri. Ketertarikan ini bisa berujung pada rasa ketagihan
yang membuat seorang pemain game ingin terus menerus memainkanya. Akan tetapi game dapat berdampak
negatif apabila game yang dimainkan adalah game yang tidak bersifat edukatif. Banyak anak-anak yang bermain
game namun tidak banyak manfaat yang didapatkannya. Terutama untuk anak-anak usia dini karena dapat
mengganggu proses tumbuh kembang anak. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat game sebagai media
untuk anak-anak yaitu memilih barang-barang apa saja yang akan dibawa ketika akan pergi ke tempat tertentu.
Dengan konsep game seperti ini, maka anak-anak akan tahu apa saja barang-barang yang perlu dibawa ketika
akan pergi ke tempat tertentu dan apa saja barang-barang yang tidak perlu dibawa. Game ini bisa digunakan
sebagai media alternatif pembelajaran guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam mengubah cara belajar
konvensional menjadi cara belajar simulasi game, sehingga dapat mengembangkan kreativitas anak, karena
dalam game edukasi memiliki unsur tantangan, ketepatan, daya nalar dan etika.

Published
2020-07-22
How to Cite
Resmanah, D., Roni, C., & Prasetyo, T. (2020). PERMAINAN EDUKASI BELAJAR BERKEMAS UNTUK ANAK USIA DINI. Proceeding SENDI_U, 251-255. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7990