PERANCANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN MORFOLOGI DAUN BERBASIS ANDROID

  • Lidya Tresna Wahyuni Universitas Majalengka
  • Ade Bastian Universitas Majalengka
  • Adi Oksifa Rahma Harti Universitas Majalengka

Abstract

Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya 2D maupun 3D kedalam
sebuah lingkungan nyata kemudian memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (real-time).
Augmented reality dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran berbasis android dalam mata kuliah
morfologi daun yang merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari khusus bentuk fisik dari daun. Dalam
morfologi daun dibahas bagian-bagian daun meliputi upih daun, tangkai daun dan helaian daun. Materi
morfologi daun lebih mudah untuk dipahami apabila mahasiswa turun langsung ke lapangan untuk mencari daun
tersebut. Hal itu tentunya tidak dapat dilakukan pada saat jam mata kuliah di kelas, mahasiswa pun seringkali
cepat bosan dan terkadang tidak memperhatikan materi yang sedang diajarkan. Saat ini banyak penjelasan
tentang morfologi daun dalam bentuk gambar dalam sebuah buku, tetapi proses pembelajaran pada umumnya
dapat lebih mudah diterapkan dengan menggunakan bantuan teknologi yaitu dengan merancang aplikasi media
pembelajaran interaktif augmented reality, karena mahasiswa akan lebih tertarik untuk belajar, lebih mudah
mengenal dan memahami materi morfologi daun yang dijelaskan oleh dosen dengan dilengkapi sebuah objek 2D
melalui sebuah aplikasi berbasis android. Aplikasi ini dibangun menggunakan Unity, Vuforia SDK, CorelDraw
X7 dan metode yang digunakan adalah MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang meliputi: concept,
design, material collecting, assembly, testing dan distribution.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed