ANALISA SENTIMEN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PEMINDAHAN IBUKOTA BARU DI KALIMANTAN TIMUR PADA MEDIA SOSIAL TWITTER
Abstract
Pada Senin 26 Agustus 2019 atau setelah 74 tahun Indonesia merdeka, presiden terpilih Joko Widodo
melalui kanal Youtube resmi Sekretariat Presiden mengumumkan bahwa pemindahan Ibu Kota Indonesia yang
baru yaitu di wilayah administratif Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara,
Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi Masyarakat Indonesia di Twitter
mengenai pemindahan Ibukota dengan menggunakan kata kunci #IbuKotaBaru dan #IbuKotaPindah setelah itu
data disimpan dalam database MySQL, lalu dilakukan proses text processing. Proses klasifikasi text dibagi
menjadi kelas sentimen positif dan negatif, algoritma Naïve Bayes Classifier dibutuhkan untuk itu. Data yang
digunakan sebesar 200 data tweets, yang terdiri dari 159 data training dan 41 data testing menghasilkan akurasi
sebesar 78%. Visualisasi tab tabel data asli, tabel data test, histogram, wordcloud serta confusion matrix
ditampilkan menggunakan R Shiny. Aplikasi web ini dapat diakses pengguna lainnya melalui internet.