PENGEMBANGAN SIMULATOR VENDING MACHINE SEBAGAI PENDUKUNG MATERI AJAR

  • Ivransa Zuhdi Pane Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Abstract

Materi ajar merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan proses belajar mengajar.
Materi ajar yang terlalu teoritis adakalanya menimbulkan kendala bagi peserta ajar dalam memahami materi
ajar, sehingga materi pendukung yang lebih bersifat praktis selayaknya diikutsertakan sebagai pendamping guna
mendorong pemahaman yang lebih baik terhadap substansi materi ajar. Makalah ini berupaya mengembangkan
simulator vending machine yang ditujukan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik, tidak hanya tentang
tata cara penggunaan vending machine, namun juga tentang mekanisme interaksi antara manusia dan komputer
yang diharapkan dapat memberikan petunjuk tentang konsep dasar rekayasa piranti lunak secara umum.
Pengembangan simulator vending machine dilakukan dengan metodologi prototyping, yang terdiri dari tahap
analsis kebutuhan simulator, desain komponen pembentuk simulator, pengkodean dan pengujian simulator, untuk
membangun produk simulator operasional.

Published
2020-07-22
How to Cite
Pane, I. (2020). PENGEMBANGAN SIMULATOR VENDING MACHINE SEBAGAI PENDUKUNG MATERI AJAR. Proceeding SENDI_U, 154-158. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7975