SISTEM PAKAR UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI MENGGUNAKAN METODE MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS DAN INFERENSI FUZZY TSUKAMOTO

  • R. Sumarwan Ismunu Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Agus Sidiq Purnomo Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Ratna Yunita Setiyani Subardjo Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Abstract

Kecemasan yang berlebihan dapat menyebabkan mahasiswa mengalami masalah psikosomatik, Skripsi
atau Tugas Akhir merupakan salah satu faktor yang menimbulkan kecemasan mahasiswa, diawali pada saat
mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), belum ada gambaran studi kasus apa yang akan diambil dalam menyusun
skripsi, terkendala dalam konsultasi dengan dosen pembimbing skripsi dalam bertatap muka, mahasiswa
menghilang tidak ada kabar dan hilang kontak dengan dosen pembimbing skripsi. Hal tersebut menjadikan
mahasiswa terlambat untuk lulus dari waktu yang seharusnya.
Dalam penelitian ini, Peneliti bertujuan untuk membuat prototipe sistem pakar yang memberi gambaran
tentang tingkat kecemasan mahasiswa dalam menyusun skripsi metode MFEP dan Inferensi Fuzzy Tsukamoto
dalam 3 (tiga) variabel yaitu Aspek Psikologis, Aspek Somatis dan Aspek Fisik dengan indikator kecemasan
tinggi, sedang, rendah.
Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, dengan 52 data uji, baik prototipe sistem (MFEP dan
fuzzy Tsukamoto) dan pakar memiliki hasil 42 data (81%) sesuai dan 10 data (19%) tidak sesuai, sehingga dapat
disimpulkan unjuk kerja sistem berhasil

Published
2020-07-22
How to Cite
Ismunu, R. S., Purnomo, A., & Subardjo, R. (2020). SISTEM PAKAR UNTUK MENGETAHUI TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENYUSUN SKRIPSI MENGGUNAKAN METODE MULTI FACTOR EVALUATION PROCESS DAN INFERENSI FUZZY TSUKAMOTO. Proceeding SENDI_U, 65-72. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7962