ANALISIS KEMAMPUAN PPK MELAHIRKAN WIRAUSAHA BARU DI UNIVERSITAS STIKUBANK
Abstract
Program pengembangan kewirausahaan (PPK) adalah program yang bertujuan untuk menciptakan wirausaha
baru dimana mahasiswa dibina untuk tidak menjadi pencari kerja (job seeker) namun sebagai pencipta
lapangan kerja (job creator). Hal ini sejalan dengan visi UNISBANK yang mencanangkan diri sebagai
entrepreneurial university. Dengan adanya unit kewirausahaan di UNISBANK, mampu menyediakan tempat
bagi mahasiswa untuk mengembangkan proposal bisnis mereka. Kegiatan utama dalam PPK adalah
meningkatkan motivasi kewirausahaan para tenant, memberikan pelatihan marketing secara online,
meningkatkan brand dan kemasan produk setiap tenant serta menyediakan modal awal bagi para tenant.
Populasinya adalah mahasiswa Universitas Stikubank dengan menggunakan purposive sampling dimana
kriterianya, mahasiswa harus memiliki niat untuk menjadi wirausaha. Hasilnya adalah, 20% tenant mampu
mendaftarkan merek, tenant mampu memiliki rasa percaya diri untuk menjadi wirausahawan, dan tenant
mampu memasarkan produk dengan kemasan yang baik serta menggunakan online marketing untuk
memasarkan produk mereka.