PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PENENTUAN TEMPAT PEMASANGAN MEDIA PROMOSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN

  • Saifuddin Saifuddin
  • Intan Setiawati Universitas Teknologi Yogyakarta
  • E.I.H Ujianto Universitas Teknologi Yogyakarta

Abstract

Mahasiswa baru merupakan penompang jantung dalam sebuah kelangsungan hidup sebuah Perguruan Tinggi, tetapi yang sering menjadi permaslahan adalah penempatan lokasi media promosi salah satunya adalah di Universitas Tunas Pembangunan. Menurut Tim Penerimaan Mahasiswa baru (PMB) permasalahan promosi pada penempatan lokasi yaitu sering kali disebabkan karena tim PMB melakukan promosi secara acak dan belum memiliki cara efektif untuk memilih lokasi yang tepat untuk penempatan media promosi. Hal tersebut menyebabkan tim PMB tidak mengetahui potensi pasar yang menjadi target promosi. Untuk membantu mengatasi masalah tersebut, digunakan metode Analytical Hierachy Process (AHP) agar mampu mengambil sebuah keputusan yang tepat untuk lokasi pemasangan media promosi penerimaan siswa baru di Universitas Tunas Pembangunan.AHP merupakan suatu model pendukung keputusan yangdikembangkan oleh Thomas L. Saaty. Model pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah multi factor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki. Berdasarkan hasilperhitungan menggunakanmetode AHP menunjukkanbahwa alternatif tempat pemasangan media promosi yaitu di daerah Kabupaten Klaten pada urutan pertama dengan nilai bobotpreferensi paling tinggi yaitu 0,3496. Dapatdisimpulkan bahwa calon mahasiswa barudi Universitas Tunas Pembangunan  diprioritaskan dari Kabupaten Klaten

Published
2019-07-24
How to Cite
Saifuddin, S., Setiawati, I., & Ujianto, E. (2019). PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) DALAM PENENTUAN TEMPAT PEMASANGAN MEDIA PROMOSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU DI UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN. Proceeding SENDI_U, 106-110. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7331