STUDENTS’ ERROR ANALYSIS IN WRITING ENGLISH COMPOSITION OF “MY SELF DESCRIPTION

  • Tira Nur Fitria Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi – AAS Surakarta

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, peneliti mengungkapkan
kesimpulan secara menyeluruh melalui pengumpulan data. Objek penelitian adalah hasil karangan 24 mahasiswa
AAS Surakarta pada tahun akademik 2017/2018. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode
dokumentasi. Dalam menganalisis kesalahan, ada beberapa langkah, yaitu identifikasi kesalahan, klasifikasi
kesalahan, deskripsi kesalahan, menjelaskan kesalahan lalu tabulasi data. Data akhirnya ditabulasi untuk
mengetahui frekuensi kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa ada
beberapa kesalahan yang ditemukan pada hasil karangan mahasiswa dalam aspek tata bahasa, ejaan, dan tanda
baca. Dalam tata bahasa, ada 72 data atau 47,37% yang terdiri dari beberapa kesalahan kelas kata, misalnya pada
kata sandang (29 data atau 40,28%), kata kerja (22 data atau 30,55%), kata depan (10 data atau 13,89%), kata
benda (9 data atau 12,5%) dan kata ganti (2 data atau 2,78%). Dalam pengejaan, ada 50 data atau 32,89%,
sedangkan dalam tanda baca ada 30 data atau 19,74%. Sedangkan kesalahan paling dominan ditemukan pada hasil
karangan mahasiswa adalah pada aspek tata bahasa terutama pada aspek kata sandang.

Published
2019-07-24
How to Cite
Fitria, T. (2019). STUDENTS’ ERROR ANALYSIS IN WRITING ENGLISH COMPOSITION OF “MY SELF DESCRIPTION. Proceeding SENDI_U, 453-460. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7328