MODEL REKURSIF : PENGARUH STIMULUS PEMASARAN PADA WEB TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ONLINE YANG DIMEDIASI PEMBELAJARAN KOGNITIF

  • Irwan Christanto Edy Universitas PGRI
  • Riyanto Riyanto Universitas PGRI

Abstract

Keputusan pembelian online merupakan perilaku konsumen online dan merupakan fenomena
yang menarik dalam penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan konsep bahwa keputusan
pembelian konsumen online dipengaruhi perilaku pembelajaran kognitif. Teori utama yang mendasari
penelitian ini adalah perilaku konsumen dan pembelajaran. Teori pembelajaran yang digunakan untuk
mengupas perilaku konsumen pembelajar online dengan perpaduan (persilangan) teori pembelajaran
behavior dan teori pembelajaran kognitif. Perpaduan (persilangan) antara teori pembelajaran behavior,
kognitif ini disebut perilaku pembelajaran kognitif (Cognitif Learning Behavior). Penelitian ini
merupakan penelitian surve. Data yang digunakan adalah data primer, dengan instrumen penelitian
berupa kuesioner. Subyek dari penelitian ini adalah individu yaitu konsumen online. Konsumen online
dalam penelitian ini merupakan generasi millenial yang telah melakukan pembelian online pada ecommerce di Indonesia (Matahari.mall, bukalapak, tokopedia, shoppee, Zilingo) dengan jenis produk
adalah fashion. Dalam penelitian ini terpilih 200 responden. Penelitian terdiri dari variabel stimulus
organik pemasaran, keputusan pembelian online, pembelajaran kognitif. Teknik sampling dengan
Convenience Sampling yaitu merupakan metode sampling dimana pengambilan sampel didasarkan pada
ketersediaan elemen dan kemudahan untuk mendapatkannya. Pengumpulan data dengan kuesioner online
dan penyebaran kuesioner melalui Whatsapp kepada responden yang mudah dihubungi peneliti. Metode
analisis data dengan : 1) uji instrumen kualitas data (validitas dan reliabilitas), 2) Analisis Statistik
Deskriptif dan 3) Analisis Model dengan SEM. Hasil penelitian menunjukan bahwa stimulus pemasaran
online berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelajaran kognitif, pembelajaran kognitif
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online, stimulus organik pemasaran
online berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian online.

Published
2019-07-24
How to Cite
Edy, I., & Riyanto, R. (2019). MODEL REKURSIF : PENGARUH STIMULUS PEMASARAN PADA WEB TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN ONLINE YANG DIMEDIASI PEMBELAJARAN KOGNITIF. Proceeding SENDI_U, 435-446. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7324