ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DENGAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX) PADA DEPARTEMEN SERVICE PT. ASTRA INTERNATIONAL TBK AUTO 2000 CABANG KENJERAN
Abstract
PT. Astra international Tbk. Auto 2000 cabang Kenjeran adalah suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan, pelayanan servis dan suku cadang. Untuk mengevaluasi produktivitas di departemen service saai ini, maka perlu dilakukan pengukuran produktivitas secara baik dan benar karena ukuran produktivitas dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan suatu perencanaaan produktivitas yang akan datang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari-Desember 2013. Metode produktivitas yang digunakan adalah metode Objective Matrix (OMAX). Dari hasil pengukuran produktivitas diketahui produktivitas terbaik terjadi pada bulan Juli yaitu sebesar 768,8 jauh di atas nilai standar yaitu 300. Untuk produktivitas terburuk terjadi pada bulan Februari yaitu sebesar 174,8. Dari Pencapaian skor dapat diketahui bahwa kriteria yang kurang memberikan kontribusi terhadap indeks produktivitas adalah kriteria 1 yaitu perbandingan antara unit handling dengan penggunaan jam kerja karena mempunyai skor yang paling kecil yaitu sebesar 47. Strategi untuk peningkatan produktivitas adalah dengan mengevaluasi penyebab penurunan produktivitas pada kriteria paling rendah yaitu kriteria 1. Kata Kunci: Produktivitas, OMAX, Auto 2000.