KETERKAITAN ANTARA KENYAMANAN DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI PADA INTENSITAS PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI GRAB

  • Widhi A.R Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Rika R Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya
  • Ulfah S Iswara Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya

Abstract

Hadirnya layanan aplikasi online memberikan kemudahan pengguna dalam menunjang aktivitas dan
kegiatan pengguna dalam kehidupan sehari–hari. Salah satu penyedia layanan aplikasi online saat ini adalah
Grab. Grab memberikan layanan aplikasi yang banyak membantu menjunjang aktivitas sehari – hari seperti
Grab Car, Grab Bike, Grab Food, Grab Pulsa, dan lainnya. Dalam penelitian ini terdapat 208 responden yang
menggunakan layanan aplikasi Grab. Guna menggetahui faktor apa saja yang mempengaruhi intensitas
penggunaan layanan aplikasi Grab digunakan analisis regresi liner berganda. Dalam penelitian ini yang
menjadi variabel dependen adalah intensitas penggunaan layanan aplikasi Grab. Variabel independen dalam
penelitian ini adalah kenyamanan dan kemudahan transaksi yang diberikan oleh layanan aplikasi Grab. Guna
mengetahui keterkaitan antara variabel independen dan variabel dependen digunakananalisis regresi liner
berganda. Kenyamanan dalam penelitian ini didefinisikan sebagai pelayanan yang diberikan oleh grab kepada
pengguna aplikasi sehingga pengguna atau konsumen menikmati layanan yang diberikan pada aplikasi Grab.
Kemudahan transaksi didefinisikan sebagai kemudahan yang diberikan oleh aplikasi Grab bagi pengguna
dalam melakukan kegiatan transaksi menggunakan layanan aplikasi Grab. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kenyamanan dan kemudahan transaksi mempengaruhi intensitas penggunaan layanan aplikasi Grab.

Published
2019-07-24
How to Cite
A.R, W., R, R., & Iswara, U. (2019). KETERKAITAN ANTARA KENYAMANAN DAN KEMUDAHAN BERTRANSAKSI PADA INTENSITAS PENGGUNAAN LAYANAN APLIKASI GRAB. Proceeding SENDI_U, 372-379. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7306