TINDAK TUTUR YANG DIGUNAKAN PARA GURU SD ISLAM BILINGUAL AN-NISA SEMARANGDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS

  • Nofi Fitria Sofana Universitas Dian Nuswantoro
  • Zenith Yufa Nafilah Khawa Universitas Dian Nuswantoro
  • Neiva Cahya Utami Universitas Dian Nuswantoro
  • Sri Mulatsih Universitas Dian Nuswantoro

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menggambarkan jenis tindak tutur yang digunakan para guru SD Islam Bilingual An-Nisa Semarang dalam proses belajar mengajar di kelas dan mengapa para guru menggunakan jenis tindak tutur tersebut. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi, perekaman, dan wawancara. Observasi dilakukan untuk mengetahui reaksi siswa secara langsung terhadap tindak tutur yang digunakan oleh guru.Perekaman dilakukan untuk mengetahui tindak tutur yang digunakan oleh para guru, sedangkan wawancara dilakukan untuk mengetahui alasan penggunaan tindak tutur tersebut.Kerangka teori yang digunakan dalam menganalisa data adalah menggunakan pendekatan pragmatik yang dikemukakan oleh Searle dalam Rustono (1980:16) yang membagi 5 jenis tindak tutur yaitu deklaratif, representatif, ekspresif, direktif, dan komisif. Dari analisis data ditemukan 86tindak tutur. Hasil analisis menunjukkan bahwa jenis tindak tutur yang paling sering oleh digunakan oleh para guru adalah jenis tindak tutur directif. Jenis tindak tutur ini sering digunakan untuk membuat siswa-siswa melakukan instruksi yang dilakukan oleh guru dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru.

Kata kunci:pragmatik, tindak tutur direktif, pembelajaran di kelas, guru.

Published
2019-07-24
How to Cite
Sofana, N., Khawa, Z., Utami, N., & Mulatsih, S. (2019). TINDAK TUTUR YANG DIGUNAKAN PARA GURU SD ISLAM BILINGUAL AN-NISA SEMARANGDALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI KELAS. Proceeding SENDI_U, 728-733. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7304