PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

  • Riskha Nur Fitriyah Balai Diklat Keagamaan Semarang

Abstract

Era revolusi industri 4.0 secara tidak langsung telah mengubah cara pandang tentang pendidikan. Guru
dituntut memiliki kompetensi tinggi untuk menghasilkan peserta didik yang mampu menjawab tantangan di era
ini. Penyusunan artikel bertujuan mendeskripsikan kompetensi guru, mengidentifikasi tantangan guru dan untuk
menganalisis peran diklat dalam pengembangan kompetensi guru di era revolusi industri 4.0. Metode penelitian
dilakukan dengan studi literatur. Hasil dan pembahasan dari artikel ini ditemukan bahwa (1) kompetensi guru
yang dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0 antara lain memiliki educational competence, competence for
technological commercialization, competence in globalization, competence in future strategies, conselor
competence, (2) tantangan guru dalam era ini adalah memiliki kompetensi yang kuat dan memiliki soft skill,
membekali para peserta didik dengan ketrampilan abad 21 (21st Century Skills), (3) program penyelenggaraan
diklat didesain sedemikian rupa untuk disesuaikan dengan perkembangan di era revolusi industri 4.0 agar guru
menjadi kompeten dan profesional.

Published
2019-07-24
How to Cite
Fitriyah, R. (2019). PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 MELALUI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN. Proceeding SENDI_U, 359-364. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7302