MENGENAL KOTA MELALUI TTES (TEAMWORK IN TEACHING ENGLISH FOR STUDENTS)

  • Vinna Octavia Universitas Stikubank
  • Agnes Widyaningrum Universitas Stikubank

Abstract

Metode pengajaran yang dilakukan guru merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode TTES (Teamwork in Teaching English for Students) yang merupakan pengembangan dari metode cooperative learning yang menuntut siswa serta guru untuk berkelompok dalam proses belajar mengajar dapat diterapkan dalam mengenal kosakata bahasa Inggris dan bagaimana langkah-langkah dalam melakukan metode pembelajaran TTES. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Brumbungan pada siswa kelas I Tahun Pelajaran 2018/2019 Semester II. Peneliti menggunakan PTK di mana peneliti bertindak sebagai perencana, pelaksana, pengumpul data, dan pengambil data. Kosakata (kota) yang diajarkan pada siswa yaitu Alphabet, Animals, Things in the Classroom, dan Fruits. Peneliti memberikan pre test dan post test untuk siswa dengan hasil sebagai berikut: hasil pre test yaitu terdapat 36 siswa dari 53 siswa yang mengikuti test kesulitan dalam menyebutkan huruf Y dalam bahasa Inggris dan hasil post test yaitu prosentase keberhasilan Part A 62%, Part B 85%, dan Part C 57%. Berdasarkan hasil pre test dan post test yang dikerjakan oleh siswa, serta didukung oleh catatan lapangan dan dokumentasi pada saat pelaksanaan tindakan, peneliti menyimpulkan bahwa metode TTES dapat diterapkan pada siswa kelas I untuk mengenal kosakata (kota) bahasa Inggris.

Kata Kunci: TTES (Teamwork in Teaching English for Students), cooperative learning, kosakata (vocabulary), bahasa Inggris, sekolah dasar

Published
2019-07-24
How to Cite
Octavia, V., & Widyaningrum, A. (2019). MENGENAL KOTA MELALUI TTES (TEAMWORK IN TEACHING ENGLISH FOR STUDENTS). Proceeding SENDI_U, 738-742. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/7290