MENINGKATKAN DAYA SAING UKM DARI PRESPEKTIF TEKNOLOGI INFORMASI, PENGELOLAAN PENGETAHUAN, DAN STANDARISASI PRODUK (STUDI KASUS PADA UKM PENGRAJIN ALAT PERAGA/PERMAINAN EDUKATIF DI KLATEN)

  • Agus Pitoyo
  • E. Suhartono E. Suhartono

Abstract

Peran UKM di negara sedang berkembang masih relatif rendah, khususnya pada produk-produk manufaktur dan daya saing UKM yang rendah, sehingga UKM mengalami kesulitan dalam meningkatkan
outputnya karena kalah bersaing. Kondisi ini menjadi tantangan bagi UKM di Indonesia. Dalam kaitan ini, UKM dituntut untuk melakukan perubahan untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh standarisasi produk, pengelolaan pengetahuan dan teknologi informasi terhadap peningkatan daya saing UKM Alat Peraga/ Permainan Edukatif (APE) di Klaten. Sampel responden ada sebanyak 100, terkumpul sebanyak 76 kuesioner. Alat analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas dan Realibiltas, Uji Normalisasi Data, Uji Kebaikan Model, Uji Hipotesis dengan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Standarisasi Produk dan Pengelolaan Pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing UKM. Sedangkan untuk Teknologi informasi masih kecil pengaruhnya dan bertolak belakang terhadap daya saing UKM. Hal ini berarti bahwa teknologi informasi yang dilakukan UKM saat ini masih kecil pengaruhnya terhadap peningkatan daya saing UKM.

DB Error: Table './ojs/metrics' is marked as crashed and last (automatic?) repair failed