PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS, DANA BAGI HASIL TERHADAP BELANJA MODAL (STUDI PADA PROVINSI/WILAYAH KALIMANTAN DAN SULAWESI)

  • Dina Mei Eka Aditya
  • Maryono Maryono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Pendapatan Asli dari Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus, dan Dana Bagi Hasil untuk Belanja Modal di Provinsi Kalimantan dan Sulawesi/Wilayah 2012-2015. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan keuangan tahun masing-masing provinsi. Sampel yang diperoleh adalah 42 data. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data penelitian kemudian diuji menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan lokal berpengaruh positif terhadap Belanja Modal. Dana Alokasi Umum memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap Belanja Modal. Dana Alokasi Khusus memiliki efek positif yang signifikan terhadap Belanja Modal. Dana Bagi Hasil memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap Belanja Modal.

Published
2018-08-20
How to Cite
Aditya, D., & Maryono, M. (2018). PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH, DANA ALOKASI UMUM, DANA ALOKASI KHUSUS, DANA BAGI HASIL TERHADAP BELANJA MODAL (STUDI PADA PROVINSI/WILAYAH KALIMANTAN DAN SULAWESI). Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/6044