PENGARUHKUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STIESIA) SURABAYA

  • Novianto Eko Nugroho
  • Krido Eko Cahyono
  • Okto Aditya Suryawirawan

Abstract

Kualitas Pelayanan adalah bentuk pelayanan yang diberikan oleh perguruan tinggi sebagai pengelola jasa pendidikan dimana mahasiswa sebagai (stakeholder) memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan memuaskan untuk menunjang pendidikannya. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tipe
penelitian eksplanatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 dan D3 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabayayang berjumlah 98 orang mahasiswa aktif. Hasil menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel secara bersamaan Bukti Fisik (X1), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X3), Jaminan (X4), Empati (X5) pada Kepuasan Mahasiswa diketahui tingkat signifikansi 0,000dan koefisien determinasi 0,814 (81,4%). Sementara sebagian melalui uji t diketahui bahwa pengaruh kualitas pelayanan akademik terhadap kepuasan mahasiswahanya variabel daya tanggap (X3) menunjukkan nilai 3.635 dengan signifikan 0,000 dan variabel empati (X5) menunjukkan nilai 4.876 dengan signifikan 0,000 yang menunjukkan pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap kepuasan mahasiswa (Y1).
Salah satu wujud ketidakpuasan mahasiswa terletak pada pelayanan akademik yang diberikan oleh pegawai administrasi / tenaga kependidikan, hal ini dapat dilihat dari hasil jawaban - jawaban kuesioner responden untuk pertanyaan variabel daya bukti fisik, keandalan dan jaminan.
Published
2018-08-20
How to Cite
Nugroho, N., Cahyono, K., & Suryawirawan, O. (2018). PENGARUHKUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA (STIESIA) SURABAYA. Proceeding SENDI_U. Retrieved from https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/6034